Home » Berita » PERANGKAT DESA GAK BOLEH NGERANGKAP JADI OPERATOR.. - Trijaya FM Palembang

PERANGKAT DESA GAK BOLEH NGERANGKAP JADI OPERATOR..

Pemerintah Desa dituntut harus mengetahui Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). Kemampuan ini harus dimiliki agar pelaporan dan pengelolaan keuangan desa lebih tertib.

Di Sumatera Selatan (Sumsel), ada beberapa kabupaten yang belum mengaktifkan dan melaporkan keuangan desa dengan aplikasi tersebut. Salah satunya kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) OKU, Yoyin Apriyanto, di Lubuk Raja dalam pembinaan aplikasi Siskeudes belum lama ini.

“Memang seluruh Aparatur desa belum memahami aplikasi ini. Oleh karena itu, Pemerintah berencana memberikan pelatihan kepada Aparatur desa di Palembang,” katanya.

Selain itu diingatkan, bahwa seorang perangkat Desa tidak diperbolehkan merangkap menjadi operator Siskeudes.

“Operator harus terpisah, karena tugasnya menginput data keuangan desa. Oleh karena itu Pemerintah desa harus menambah pengawas baru untuk operator desa,” ujarnya.

Siskeudes itu sendiri mempermudah Pemerintah memantau penggunaan dana desa.

“Namun saat ini Siskeudes di kabupaten OKU belum online,” timpal Rahman Heri, seorang pendamping desa. [RMOL]

2 komentar untuk “PERANGKAT DESA GAK BOLEH NGERANGKAP JADI OPERATOR..”

  1. Syamsul Badri

    Di desa saya Tanak Beak Kecamatan Narmada Kab Lombok Barat Prov Nusa Tenggara Barat, Kaur Kesra sekaligus ketua TPKD sekaligus KPMD sekaligus Operator Siskeudes adalah anak kandung Kepala Desa.

  2. Alhamdulillah di Desa kami, Desa Ciharalang Kec. Cijeungjing Kab, Ciamis – Jawa Barat malah tidak tahu siapa operatornya

Beri komentar