Home » Berita » Dipertanyakan Kontribusi Ombudsman Menjamin Iklim Berusaha

Dipertanyakan Kontribusi Ombudsman Menjamin Iklim Berusaha

BeritaPagi, BP–Kontribusi lembaga Ombudsman dalam menjamin iklim berusaha dipertanyakan . Para pengusaha belum tahu apa yang menjadi peran ombudsman terkait melancarkan iklim usaha.
Demikian benang merah dalam acara diskusi publik di meeting room lantai 18, Hotel Aryaduta, Palembang, Rabu (18/10).
Hadir pembicara dari anggota ombudsman RI Andrianus Meliala , dari APINDO Sumsel, PM PTSP, dan Doktor Firman.
Meliala menjelaskan, fungsi ombudsman mengawasi pelayanan publik oleh pemerintah. Tugas lembaga ini menerima, memeriksa menyelesaikan laporan masyarakat, koordinasi dan kerja sama , upaya melakukan pencegahan korupsi dan tugas lain yang diberikan UU.
Junaidi , pengusaha yang tergabung dalam APINDO Sumsel , menjelaskan kemudahan usaha sangat bergantung dengan pemerintah. Jika pemerintah main mata, maka pengusaha juga main mata. Jika main kayu maka pengusaha main kayu.
Oleh karena itu sangat bergantung dengan pemimpin dan pelaksana aparatur.
Dua pilihan mati atau beradaptasi , Nunik dari FITRA, sekarang jajaran pemerintah mendorong agar investasi masuk dan meningkatkan pad dan terwujudnya kesejahteraan masyarakat. Kaitan dengan investasi ada dampak negatif yang perlu diperhatikan. Contoh di beberapa kabupaten yang kaya sda dan belum mampu meningkatkan kesejahteraan.
Meliala menjelaskan , investasi masuk karena perizijan usaha lebih mudah. Mungkin juga karena ada event Asian Games yang membuat investor datang meningkat .
Ombudsman sudah ada keberanian yang tetap pada jalur administrasi, dalam menyusun rekomendasi. Ombudaman lembaga yang paling awal mengingatkan jangan sampai lembaga melanggar hukum. Para penyelenggara negara lalu berubah dalam pelayanan ke publik.
Sumsel tidak menunjukkan kepatuhan yang tinggi, dalam pelayanan publik. Ombudsman pendekatan mediasi dan dapat memberikan kepuasan antara kedua pihak. #fir 

Beri komentar