Home » Berita » Pengurus Masjid Al Hijrah Peringati 10 Muharram - Trijaya FM Palembang

Pengurus Masjid Al Hijrah Peringati 10 Muharram

PALI, BP–Dalam memperingati Tahun Baru Islam 1439 Hijriah, Pengurus  dan Ikatan Remaja Masjid (IRMA), Masjid Al Hijrah Golf Permai Kelurahan Handayani Mulya, Kecamatan Talang Ubi, menggelar kegiatan tausiyah dan ceramah agama

Kegiatan tesebut di adakan selain menjalin silaturahmi juga sebagai bentuk rasa syukur warga Golf Permai terhadap nikmat Allah Swt atas semua nikmat sehat dan kesempatan untuk terus meningkatkan ketaqwaan sebagai hamba Allah Swt.

Ustadz H Joni Fauzan LC MA sebagai pengisi tausiyah dan ceramah agama dalam acara tesebut didatangkan langsung dari Pondok Pesanteren Raudatul Ulum, Kabupaten Ogan Ilir (OI), yang menceritakan sejarah tentang bulan Muharam, mengisahkan perjalanan Nabi Muhammad Saw dari Kota Mekah ke Kota Madinah.

Bulan Asyura atau bulan Muharram, disebut sebagai bulan yang memiliki arti sakral untuk Umat Islam, karena pada zaman Rasulullah dahulu terjadi peperangan antara kaum muslim dengan kaum kafir yang diakukan oleh rasulullah Saw.

Dalam Tausyiahnya, Ustadz Joni Fauzan menguraikan tentang Hikmah 10 Muharram yang memiliki pelajaran berharga bagi kehidupan kaum muslimin dan muslimat sehari-hari.

Beliau juga menyampaikan tentang fadhilah atau keutamaan hari Asyura tersebut yang sebaiknya menjadi sebuah acuan bagi orang-orang yang beriman dalam rangka untuk meningkatkan ketaqwaanya kepada Allah SWT, untuk banyak zikir, sedekah, patuh kepada orang tua.

Beliau juga mengingatkan kepada para jamaah yang hadir, bahwa maanfaat lainya dari peringatan 10 muharram adalah semakin menambah kecintaan kita kepada hari bersejarah didalam Islam, mempererat tali silaturrahim dan mempertebal semangat ukhuwah islamiyah.

Hikmah 10 Muharraam seyogianya menjadi landasan utama bagi kaum muslimin dalam rangka menjalani kehidupan beragama, bermasyarakat dan bernegara sehingga tapak kilas perjuangan Nabi Muhammad SAW yang mengusung Rahmatal Lil Alamin semakin nyata di masyarakat, tegas Wakasman.

Para jamaah yang hadir begitu antusias dengan materi yang disampaikan oleh Ustadz Fauzan, karena materi yang beliau sampaikan erat kaitanya dengan kehidupan orang tua, pemuda dan anak-anak.

Suara riuh jamaah terdengar sejenak, ketika guyonan hikmah keluar dari lisan beliau, guyonan yang berhubungan dengan prilaku masyarakat sehari hari khususya kepada para pemuda pemudi islam yang seakan akan mencampur adukan antara amal ibadah dengan prilaku gaul mereka.

Acara yang dilaksanakan pukul 20:00 ba’da shalat Isak sampai pukul 22.30 dengan tujuan untuk memberikan pencerahan kepada kaum muslimin warga golf permai memahami dan memaknai Hari Asyura tanggal 10 Muharram 1439 H/2017 M.

Hadir dalam majelis tersebut Kepala Urusan (KUA) Agama Kecamatan Talang Ubi, Aparat Kecamatan dan Kelurahan Handayani Mulya, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, para Pengurus Masjid serta masyarakat disekitar Kecamatan Kecamatan Talang Ubi. #hab

Beri komentar