Home » Berita » PKPI BELUM DAFTAR

PKPI BELUM DAFTAR

Di hari terakhir pendaftaran partai politik, Senin (16/10) hingga pukul 18.00 WIB, hanya 10 parpol yang mendaftar ke KPU Kota Lubuklinggau.

Lima dari 10 Parpol tersebut yakni Golkar, PAN, Demokrat, PKS, dan Hanura mendaftar ke KPU Lubuklinggau di hari terakhir pendaftaran.

Kelima Parpol ini silih berganti menyerahkan berkas ke KPU Kota Lubuklinggau, sementara lima parpol lainnya yakni Perindo, PDI-P, Nasdem, Gerindra dan PPP telah mendaftar dihari-hari sebelumnya.

” Total 10 partai yang mendaftar, yang tidak mendaftar itu PKPI yang terhitung sebagai Parpol lama,”ungkap Ketua KPU Lubuklinggau, Efriadi Suhendri kepada RMOL Sumsel, kemarin.

KPU Kota Lubuklinggau masih akan menunggu jika ada partai yang hendak menyerahkan berkas sampai dengan pukul 00.00 WIB.

Jika ditinjau dari jumlah parpol lama tercatat hanya PKPI yang belum mendaftar, namun di Kota Lubuklinggau juga nampak ada aktivitas  parpol baru seperti PSI, Garuda, Berkarya, Idaman. Namun, tidak bisa dipastikan apakah wajah baru ini akan mendaftar atau tidak.

” Ke-10 Partai yang mendaftar semuanya lengkap dan kita terima, hanya PKPI yang tidak menyerahkan berkas,” jelasnya.

Berdasarkan Surat Edaran (SE) KPU RI Nomor : 580/PL.01.01-SD/03/KPU/X/2017, tertanggal 12 Oktober 2017 yang ditandatangani Ketua KPU RI Arief Budiman.  Adapun poin penting SE dimaksud, menjelaskan bila jumlah KTA dan e-KTP kurang dari rekapitulasi jumlah anggota parpol yang terdapat dalam Sipol, KPU Kabupaten/kota mengembalikan kepada pengurus parpol tingkat kabupaten/kota yang bersangkutan untuk dilengkapi paling lambat sampai dengan berakhirnya waktu pendaftaran yakni pada 16 Oktober pukul 24.00 WIB.

Namun, apabila sampai dengan berakhirnya waktu pendaftaran kekurangan jumlah salinan KTA dan E-KTP tidak dilengkapi maka KPU Kabupaten/kota dapat menerima salinan KTA dan E-KTP yang ada, sepanjang telah melampaui jumlah minimum anggota parpol yang wajib dipenuhi yakni 1/1000 jumlah penduduk Kota Lubuklinggau.[RMOL]

Beri komentar