Home » Berita » Puting Beliung Sapu Puluhan Rumah - Trijaya FM Palembang

Puting Beliung Sapu Puluhan Rumah

Kayuagung, BP–Musibah angin puting beliung menghantam Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Kota Lubuklinggau, Rabu (18/10).

Di OKI, angin kencang meluluhlantakkan bangunan milik pemerintah dan rumah warga Kecamatan Pedamaran.

Informasi terjadinya puting beliung di Kecamatan Pedamaran cepat meluas di media sosial. Dari laporan sementara, ada dua rumah rusak di Pedamaran dan satu di Cinta Jaya, dan 14 ruah rakit di pinggiran Sungai Babatan hanyut lantaran tali pengikat rakit putus.

Lalu atap bangunan rumah dan ruang tunggu puskesmas mengalami rusak berat. Ditambah lagi baliho yang roboh dan beberapa tiangnya patah. Sebanyak 80 persen baliho terpasang roboh. Dua sekolah dasar, SD 4 dan SD 8, porak poranda.

Irawan (42), warga Pedamaran 6, mengaku saat kejadian berada di rumah. Sore itu sekitar pukul 16.30, hujan lebat disertai petir. Lalu sekitar pukul 17.30, terdengar suara petir menggelegar disertai angin puting beliung.

Seketika warga langsung histeris dan berteriak lantaran banyak atap rumah seperti genteng dan seng beterbangan.

Tak hanya itu, atap puskesmas yang ada di Pedamaran 6 juga roboh dan rusak berat. “Ramai yang histeris sambil nyebut nama Allah. Warga di sini heboh semua. Ada yang takut dan berteduh, ada yang lari ke dalam rumah,” tutur Irawan.

Camat Pedamaran 6 Herkoles mengatakan, rumah yang rusak ringan terdata sementara ada 10 rumah di Cinta Jaya atap sengnya melayang, lalu ada pula yang roboh namun tak berpenghuni di Menang Raya. Serta beberapa rumah yang atapnya rusak ringan.

“Desa yang berada tengah padang, seperti Pedamaran 1 sampai 6 dan Menang Raya, ada yang mengalami kerusakan ringan,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pendataaan untuk dilaporkan ke BPB OKI dan Dinsos. Sedangkan fasilitas umum yang rusak di antaranya baliho dan puskesmas.

“Kita sudah koordinasi ke pihak terkait. Alhamdulillah untuk korban manusia tidak ada,” tukasnya.

Kapolsek Pedamaran AKP Bambang Sumantri mengatakan, sementara ini tidak ada korban jiwa. Namun pihaknya masih melakukan pendataan. Sejauh ini situasi aman dan kondusif.

“Yang banyak kerusakan material. Untuk jiwa tidak ada sejauh ini,” tambahnya

Di Kota Lubuklinggau, angin puting beliung disertai hujan deras menghantam puluhan rumah warga di Kecamatan Lubuklinggau Barat II, Rabu (18/10).

Bahkan, satu rumah warga ambruk dan rumah lainnya mengalami kerusakan cukup parah. Kendati demikian, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Aparat pemerintah setempat langsung turun ke lapangan untuk mendata warga yang tertimpa musibah.

Salah satu rumah warga milik Hendi Saputra ambruk, dan 6 rumah lainnya mengalami kerusakan cukup parah. Lalu delapan rumah di RT 11 juga dihantam angin puting beliung. #ros/kur

Beri komentar