Home » Berita » RKP Bersama Jokowi - Trijaya FM Palembang

RKP Bersama Jokowi

Gubernur Alex Noerdin bersama kepala daerah bertemu Presiden Jokowi untuk mendengarkan arahan langsung. Sebelum mendengar arahan Presiden, para Kepala Daerah menyimak paparan singkat dari 3 (tiga) Menteri Koordinator masing-masing yakni Menteri Koordinator Bidang Polhukam, Menteri Koordinator Perekonomian, dan Menteri Koordinator Bidang PMK.

Pada kesempatan itu Presiden Jokowi minta pengelolaan APBD tidak dengan pola lama. Pengelolaan keuangan seharusnya ada di kepala daerah bukan yang lain. Selain itu, untuk meningkatkan daya beli, Presiden minta diperbanyak program padat karya yang membuka lapangan pekerjaan.

“Saya contohkan perbaikan irigasi, jalan di desa agar adanya dana bagi masyarakat agar bekerja atau cash for work,” katanya.

Kemudian, Presiden juga meminta Kepala Daerah concern pada pertumbuhan ekonomi. Presiden contohkan Banggai tumbuh 37,12 persen, Blora 23,53 persen, Bojonegoro 21,95 persen. Presiden juga mengingatkan agar Kepala Daerah memperhatikan inflasi. Presiden sampaikan contoh yakni Tual 9,6, Watampone (Bone) 5,37.

Dalam kesempatan itu Presiden Jokowi juga menyampaikan inflasi Indonesia secara umum sejak tahun 2014 hingga sekarang juga terus turun. Presiden sampaikan komoditas ekspor Indonesia mulai diterima di negara lain. Contoh komoditas kelapa, kopi, kakao, dan lainnya. [RMOL]

Beri komentar