Home » Berita » TIGA PARPOL DI LAHAT TIDAK CUKUP SYARAT - Trijaya FM Palembang

TIGA PARPOL DI LAHAT TIDAK CUKUP SYARAT

Tiga partai politik (parpol) yang mendaftar ke KPU Lahat yakni Partai Republik, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), dan Partai Idaman, dinyatakan salinan tidak mencukupi jumlah minimum yakni 427 anggota kepengurusan.

“Setelah diperpanjang masa pengumpulan dokumen, tiga parpol tidak mencukup syarat minimum,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lahat, Syamsulrizal Nusir melalui Anggota Divisi Hukum, Nana Priana, Kamis (19/10).

Menurut Dia, nasib tiga parpol itu akan ditentukan di KPU Pusat, termasuk partai lainnya. Untuk berkas 17 partai sudah diserahkan ke KPU Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

“Kita kirimkan dokumen ke KPU Provinsi Sumsel, termasuk tiga parpol dimaksud, apakah lolos atau tidak berada wewenang KPU pusat, merekalah yang menentukannya,” jelasnya.

Kini, masih dilakukan penelitian administrasi Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) dan Kartu Tanda Anggota (KTA), termasuk juga ganda dalam kepengurusan partai.

“Nantinya pada aplikasi sistem informasi partai politik (Sipol), secara otomatis akan diketahui, yang bersangkutan berada di Partai A atau Partai B, bahkan di C,” papar Nana.

Nana mengungkapkan, penelitian administrasi terhadap kelengkapan partai, berlangsung hingga sebulan atau 15 November 2017 mendatang, sehingga semuanya berjalan sesuai ketentuan berlaku.

“Pada 16 -17 November, KPU akan mengundang partai, guna menyampaikan hasil penelitian, apabila ada kesalahan atau perbaikan, maka, jangka waktu 15 hari, harus dikerjakan, sehingga tidak ada lagi pembetulan,” tutupnya.[RMOL]

Beri komentar