Home » Berita » Detik Sumsel Apresiasi Muba Pelopor Replanting Kelapa Sawit di Indonesia - Trijaya FM Palembang

Detik Sumsel Apresiasi Muba Pelopor Replanting Kelapa Sawit di Indonesia

Palembang, BP–Media Online Detik Sumsel memberikan apresiasi atas keberhasilan Kabupaten Musi Banyuasin menjadi Pelopor Program Replanting Kebun Kelapa Sawit Rakyat di Indonesia. Penghargaan ini diberikan oleh Anggota DPD RI asal Sumsel yang sekaligus owner Detik Sumsel, Senator Hendri Zainudin, kepada Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex, sabtu (7/10), pada acara Peresmian Kantor Detik Sumsel di Palembang.
Dalam sambutannya, Bupati Musi Banyuasin mengatakan bahwa penghargaan ini ia dedikasikan kepada petani Kelapa Sawit di Musi Banyuasin. “Keberhasilan program ini sangat ditentukan dengan kesiapan petani untuk mengikuti program replanting terutama dalam melakukan sertifikasi lahan, bergabung dalam KUD dan memiliki sertifikat ISPO dalam pengelolaan kebun kelapa sawit,” ujar Dodi.
Dodi menambahkan nantinya petani yang mengikuti program replanting akan mendapatkan pembiayaan sebesar Rp 25 juta per hektare. “Sebenarnya kami (Musi Banyuasin -red) mengajukan pembiayaan untuk kebun kelapa sawit seluas 8.000 ha, untuk tahap awal ini disetujui 4.446 ha, selanjutnya nanti ada tambahan 2.000 ha yang bakal direalisasikan setelah tahap pertama,” jelasnya.
Upaya replanting kebun kelapa sawit di Musi Banyuasin menjadi perhatian khusus Presiden RI. Direncanakan pada tanggal 12 Oktober 2017 Presiden RI Joko Widodo akan mencanangkan langsung Program Replanting Kebun Kelapa Sawit pertama di Indonesia di Desa Panca Tunggal Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin dan akan dihadiri lebih dari 5000 petani kebun kelapa sawit. #arf

Beri komentar