Home » Berita » WAKO PANGKALPINANG INI SUKSES PIMPIN KOTANYA

WAKO PANGKALPINANG INI SUKSES PIMPIN KOTANYA

Sebelum pemerintah pusat menggagas program Rp 1 miliar 1 desa, ternyata Kota Pangkalpinang telah menjalankan program Rp 1 miliar 1 kelurahan atau program yang dikenal program 3S (Sasaran, Sekawan, Sejahtera). Program ini sudah berlangsung selama 4 tahun sejak kepemimpinan Walikota Pangkal Pinang, Muhammad Irwansyah atau yang akrab disapa Wawan.

“Program Rp 1 miliar 1 Desa ini sudah berjalan 4 tahun. Sebelum kementrian desa meluncurkan program Rp 1 miliar 1 desa, Pangkal Pinang lebih dulu. Ini program pak Irwansyah saat menjadi Walikota,” ungkap Sekda Pangkal Pinang, Ratmida Dawam kepada RMOLSumsel, Jumat (24/11).

Dia mengatakan, program ini merupakan program yang digagas Walikota atas usulan masyarakat Pangkal Pinang. Dengan anggaran Rp 1 miliar 1 Kelurahan, masyarakat dapat membangun masing-masing kelurahan dengan anggaran yang telah disediakan disetiap kelurahan.

“Pangkalpinang terdapat 7 kecamatan dengan 42 kelurahan, jadi dengan anggaran Rp 1 miliar ini, masyarakat bisa membangun kelurahannya sesuai apa yang dibutuhkan masyarakat,” imbuh Sekda.

Sejak tahun pertama hingga memasuki tahun keempat program Rp 1 miliar 1 Kelurahan, semakin jelas hasilnya dimana saat ini aku Sekda, tak ada lagi jalan-jalan ataupun gang-gang yang rusak begitupun fasilitas publik lainnya.

“Bisa dilihat saja di lapangan bahwa memang tak ada lagi jalan dan gang-gang yang rusak,” bebernya.

Sekda melanjutkan, sejak tahun pertama menjabat sebagai walikota Pangkal Pinang, sosok Irwansyah begitu fokus pada sektor infrastruktur. Hal ini terlihat dari alokasi APBD Kota Pangkal Pinang, dimana 35 persen untuk belanja langsung, sedangkan 65 persen diperuntukan belanja tak langsung yaitu fokus pada infrastruktur pembangunan Kota.

“Jadi dari awal pak Walikota menjabat memang pembagiannya 35 – 65, 35 persen untuk belanja langsung, gaji pegawai, 65 persennya untuk konsentrasi ke pembangunan,” ungkapnya sembari mengatakan APBD Pangkal Pinang tahun ini mencapai RP 1,035 triliun.

Fahrizan, tokoh pemuda Pangkal Pinang menilai pembangunan kota Pangkal Pinang kian melesat dengan suport pemerintah Kota Pangkal Pinang dibawah kepemimpinan Walikota Pangkal Pinang, Muhammad Irwansyah.

Menurutnya melalui dana yang dialokasikan bagi setiap kelurahan, sebesar Rp 1 miliar itu, masyarakat dapat membangun daerahnya menjadi daerah yang maju bahkan menjadi perkampungan percontohan.

“Anggaran Rp 1 miliar 1 desa itu sangat membantu. Misalnya untuk membangun perkampungan. Yang semula ada kawasan kumuh sekarang tidak ada lagi kawasan kumuh, karena sudah tertata rapi,” ringkasnya. [RMOL]

Beri komentar