Home » Berita » Turun Dari Pesawat, Alex Langsung Jualan Asian Games di PSCC - Trijaya FM Palembang

Turun Dari Pesawat, Alex Langsung Jualan Asian Games di PSCC

Palembang – Semangat Gubernur Sumsel Alex Noerdin untuk mensosialisasikan Asian Games tak pernah kendur. Senin (12/2) misalnya, baru saja pulang dari Jakarta karena tugas, pelopor sekolah gratis itu langsung kembali “jualan” alias mensosialisasikan Asian Games di hadapan ribuan mahasiswa se Sumsel di Palembang Sport and Convention Center ( PSCC).

Alex Noerdin sedianya diundang sebagai Keynote Speaker Dialog Nasional 6 Sukses Indonesia Ku bersama Menristekdikti dan Menteri Perhubungan diselenggarakan oleh Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (KOPERTIS) Wilayah II. Namun karena terkendala delay pesawat, Alex Noerdin tak sempat bertemu dengan kedua menteri yang sudah lebih dulu menjadi pembicara.

“Maaf saya terlambat, saya harus menghadiri beberapa acara yang tidak bisa diwakilkan. Tapi saya sempat nonton videonya dari Jakarta, yang hadir sangat luar biasa. Disini saya mau jualan Asian Games saja dan berbagi cerita soal membangun daerah,” jelasnya.

Dikatakan Alex, sebenarnya Sumsel bukan provinsi terkaya di Indonesia namun dari sekian banyak provinsi Sumsel punya motivasi yang paling kuat membangun daerah. Dengan motivasi itu kini Sumsel membuktikan diri sebagai provinsi terdepan karena dipercaya menjadi salah satu tuan rumah Asian Games bersama Jakarta.

“Kalau lihat APBD kita terbatas sekali. Tapi dengan memaksimalkan bidang olahraga Sumsel kini bisa memiliki infrastruktur yang besar yang akan bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat ke depan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Alex tak hanya memutar video progres pembangunan jelang Asian Games ke XVIII. Tapi juga memutar video kilas balik Asian Games pertama di Indonesia pada masa kepemimpinan Presiden Soekarno.

“Presiden Soekarno dulu minta 10 pemuda untuk mengguncang dunia, ksaya cuma minta semangat mahasiswa niscaya akan saya sukseskan Asian Games XVIII, ” tegas Alex.

Lebih jauh Alex menjelaskan, ada tiga hal yang membuat Sumsel menjadi provinsi yang diandalkan di Indonesia. Pertama karena Sumsel sejak dulu sudah menjadi daerah yang zero konflik sehingga aman untuk segala bentuk kegiatan nasional maupun internasional.

Yang kedua karena Sumsel memikiki modal Jakabaring yang telah menjadi komplek olahraga terlengkap dalam satu lokasi di Indonesia. Kemudian yang ketiga karena Sumsel sudah memiliki banyak pengalaman menyelenggarakan berbagai even olahraga maupun lainnya serta kita punya pengalaman menjadi penyelenggara berbagai event kelas Asia hingga Asia Pasific, juga PON, ISG, Sea Games hingga Asian University Games (AUG).

Sementara itu, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohammad Nasir mengatakan
ke depan dunia pendidikan tinggi di Indonesia mau tak mau harus menghadapi revolusi cyber digital. Untuk itu dia mengajak semua mahasiswa, dosen dan unsur terkait lainnya sigap menghadapi perubahan ini.

Diakuinya sejauh ini problem pendidikan tinggi di Indonesia masih menghadapi berbagai kendala di antaranya jumlah dosen yang relatif masih kurang. Kemudian infrastruktur yang belum memadai seperti ruang kuliah.

“Harapan saya perkuliahan ke depan kita dorong ke sistem online. Sehingga yang tadinya perbandingan dosen 1:30 untuk eksakta dan 1:40 untuk sosial bisa didorong jadi 1:100 bahkan berbanding 1.000. Silahkan saja asalkan infrastruktur onlinenya siap,” terang Menristekdikti.

Perkembangan informasi dan teknologi yang pesat ini harus cepat direspon oleh PT negeri maupun swasta mengingat saat ini APK PT Indonesia masih 31%. Sementara Malaysia sudah diangka 38%, Thailand 51% dan Korea yang sudah 92%.

Sementara itu Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi memilih berdiskusi sambil membagikan hadiah kepada mahasiswa yang bisa menjawab pertanyaan seputar LRT.

Lain Menristekdikti dan Menhub, lain pula Gubernur Sumsel Alex Noerdin. Dengan candaannya yang khas Alex Noerdin berhasil membuat suasana PSCV riuh. Mahasiswa berebutan menjawab pertanyaannya soal Asian Games. Tak urung para dosen pun tak mau kalah rebutan menjawab pertanyaan untuk mendapatkan hadiah yang disiapkan.

HP/MC Diskominfo Prov. Sumsel/TM

Beri komentar