Home » Berita » Menuju Sumsel yang 'Smart' Bersama Diskominfo - Trijaya FM Palembang

Menuju Sumsel yang ‘Smart’ Bersama Diskominfo

Palembang Sumselprov.go.id– Bappeda Provinsi Sumateta Selatan menyelenggarakan Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Prov. Sumsel Tahun 2018, terkait pengurangan kesenjangan antar wilayah di Kantor Bappeda Prov. Sumsel, Rabu Pagi, (11/4).

Salah satu pembahasan di rapat ini yaitu peningkatan fasilitas sistem informasi dan internet pendukung ekonomi digital dgn target di 10 kabupaten/kota Sumsel sehingga dihadiri seluruh OPD kab/kota se-Sumsel.

Di salah satu diskusi rapat, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Dr.  Inanda Karina Astari Fatma M.Si., menyampaikan tentang program smart city untuk Sumsel yang pelaksanaannya membutuhkan kerja sama yang baik antara semua pihak terkait, baik dari segi pendanaan maupun proses pembangunannya.

“Program Smart city dirancang untuk melayani pelayanan publik untuk pihak pemerintah, swasta dan masyarakat”, ujarnya.

Beliau menyatakan bahwa konsep smart city harus dipahami dan segera diintegrasikan di kabupaten,  kota, serta provinsi melalui layanan publik dan swasta yang berbasis elektronik.

“Tugas Kominfo sebagai penyedia layanan publik tidak mudah dicapai tanpa dukungan dari Bappeda dan OPD lainnya”, ungkapnya.

Sehubungan dengan itu,  Diskominfo Sumsel telah bekerja sama dengan Pihak Telkom dalam pembangunan wifi corner yang telah tersedia di beberapa wilayah di Palembang,  salah satunya Jakabaring.

“Mari bersama-sama menuju pembangunan Sumsel yang smart“,  pungkasnya.

Pimpinan rapat, Kabid Infrastruktur Pengembangan Wilayah Bappeda Sumsel,  Ir. Hendrian, MT., menambahkan bahwa  IT adalah hal utama dan smart city harus didukung oleh sektor lain.

“Kita perlu dukungan dari kabupaten kota untuk memilih kabupaten desa sebagai daerah untuk pengembangan informasi”, harapnya.

Selanjutnya, beliau mengatakan bahwa akses internet adalah salah satu indikator peningkatan ekonomi daerah.

“Penyediaan jaringan internet dapat mempublikasikan potensi-potensi di daerah sehingga perlu didukung”, tutupnya.

MC Diskominfo Prov. Sumsel/PE/ TM

Beri komentar