Home » Berita » HIMBI UBD Soroti Gejala Bahasa di Era ‘Zaman Now’ - Trijaya FM Palembang

HIMBI UBD Soroti Gejala Bahasa di Era ‘Zaman Now’

Palembang, BP

Berangkat dari meningkatkan kualitas wawasan tentang kebahasaan dan mengkampanyekan penggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, Pengurus Himpunan Mahasiswa Bahasa Indonesia (HIMBI) Universitas Bina Darma (UBD) menggelar Workshop Kebahasaan bertema ‘Viralkan Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar di zaman Now’.

Digelar di Universitas Bina Darma Palembang, Selasa (15/5) Workshop tak hanya diikuti oleh mahasiswa Pendidikan bahasa Indonesia tapi juga diikuti mahasiswa Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA).  Mulai dari Thailand, Arab dan Malaysia.

Benar saja, sadar atau tidak, ternyata Bangsa Indonesia memiliki kekayaan bahasa yang begitu luar biasa. Bahkan, untuk bahasa daerah saja, Indonesia mencatat memiliki 743 bahasa daerah.

Hal inilah kemudian yang memperkaya khasanah bahasa Indonesia. Pasalnya, bahasa Indonesia diperkaya oleh dua hal yakni bahasa daerah dan bahasa Asing.

Pada workshop ini menghadirkan pakat bahasa dari Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan yakni Linny Octovianny MPd.

“Bahasa Indonesia diperkaya oleh dua hal yakni bahasa daerah dan bahasa asing,”ujar Linny dalam workshopnya.

Oleh karena itu lanjut Linny, dalam bahasa Indonesia muncul bahasa-bahasa serapan seperti kursi dari Portugal dan juga Arab. Pun juga yang lain.

Lalu, bagaimana dengan bahasa yang baik dan benar itu. Menurut Linny, bahasa yang baik dan benar adalah bahasa yang baik secara situasi dan komunikasi dan benar sesuai kaidah.

“Sehingga kita sebagai generasi muda harus mempopulerkan bahasa-bahasa yang sesuai dengan yang baik dan benar,”terang Linny.

Senada dengan itu disampaikan Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia UBD Hastari Mayrita MPd bahwa kegiatan ini diharapkan mampu menambah wawawasan dan khasanan kebahasaan para mahasiswa terutama mahasiswa Pendidikam Bahasa Indonesia Universitas Bina Darma Palembang.

“Dan kali ini saya dangat apresiasi dengan Pengurus HIMBI yang menginisiasi workshop kebahasaan,”pungkasnya.

Selain diikuti oleh para mahasiswa Universitas Bina Darma Palembang dalam workshop ini juga diikuti oleh mahasiswa asing dalam program BIPA yakni dari Thailand, Arab dan lainnya. #sug

Beri komentar