Home » Berita » Hasil Survey LKPI dan RDI Syamsul - Hanan Unggul - Trijaya FM Palembang

Hasil Survey LKPI dan RDI Syamsul – Hanan Unggul

MUARA ENIM – Pasangan Dr.Ir.H Syamsul Bahri, MM dan Ir. H. Hanan Zulkarnain, MTP (SYAMSUL-HANAN) berhasil menyalip tiga pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Muara Enim yang maju pada pemilukada 27 Juni 2018.

Kenaikkan elektabilitas paslon yang terkenal dengan singkatan SBH ini terungkap di hasil Survei Lembaga Survei, Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI).

Potret elektabilitas terakhir survei yang dilakukan terekam paslon Syamsul Bahri-Hanan Zulkarnain (SBH) menempati rangking teratas dalam elektabilitas dari paslon Nurul Aman-Thamrin AZ (NATHA), Serta Shinta Paramitha Sari-Syuryadi (SINAR_SURYA) dan Ahmad Yani-Juarsah (AYOK JUARA).

“Paslon SBH (33 %), NATHA (23 %), SINAR SURYA (21 %) dan AYOK JUARA ( 15 %),”terang Arianto,  ST, M. Si dalam jumpa pers, Senin (11/6/2018).

Survei yang dilakukan LKPI ini dengan mengambil sample 420 responden atau 42 desa/kelurahan yang tersebar secara proporsional di seluruh kecamatan di kabupaten Muara Enim.

Metode penarikan sample dengan menggunakan multistage random sampling dan dilengkapi dengan dept interview dengan marjin of error +/- 5 % dengan selang kepercayaan 95 %. Wawancara dilakukan tatap muka dengan melibatkan surveyor semua mahasiswa.

Sama halnya temuan lembaga Survei Riset Demokrasi Indonesia (RDI). Peneliti Hilmin dalam releassenya mengatakan, temuan survei yang dilakukan RDI 25-30 Mei 2018, paslon Syamsul Bahri-Hanan Zulkarnain (SBH) menduduki puncak elektabilitas dari paslon lainnya dengan 44 %, Nurul Aman-Thamrin AZ (NATHA) sebesar 23 %, Shinta P. Sari-Syuryadi (SINAR SURYA) dengan angka 18 % dan Ahmad Yani-Juarsah (AYOK JUARA) dengan elektabilitas 11 %, massa mengambang 5 %.

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan melibatkan 420 responden dan tingkat kesalahan +/-5 % dengan selang kepercayaan 95 %.

Dilihat dari tingginya elektabilitas paslon Syamsul Bahri-Hanan Zulkarnain (SBH) dan jarak elektabilitas dengan paslon lain juga cukup jauh, dengan menyisakan waktu sekitar 25 hari lagi, sepertinya sulit bagi paslon lainnya untuk menyalip elektabilitas paslon SBH ini.

“Potensi untuk menang di pilkada Muara Enim bagi paslon SBH cukup besar,” ungkap Hilmin dengan lantang. (FK)

Beri komentar