Home » Berita » KPU Palembang Tunggu Penyerahan Dokumen Caleg - Trijaya FM Palembang

KPU Palembang Tunggu Penyerahan Dokumen Caleg

Palembang, BP
Komisioner KPU Palembang mengingatkan Partai Politik untuk segera menyerahkan daftar bacalegnya ke KPU Palembang. Hal ini dilakukan mengingat batas akhir penyerahan dokumen terakhir 17 Juli.
Komisioner KPU Kota Palembang Bidang Teknis Penyelenggara Firamon Sakti mengaku,  dari 16 parpol yang terdaftar belum ada satu pun parpol yang menyerahkan daftar bacalegnya.
Padahal sebelumnya semua informasi sudah diupload di silon (Sistem Informasi pencalon) di KPU RI dan pendaftaran sudah dibuka sejak 4 Juli lalu.
“Hanya ada beberapa parpol yang konsultasi saja ke KPU, kita himbau kepada parpol peserta pemilu 2019 untuk menyerahkan dokumen bacalegnya, karena waktu batas akhir penyerahan dokumen tinggal 5 hari lagi (17 Juli),” kata Firamon, Jumat (13/7).
Firamon juga mengingatkan Parpol tentang syarat keterwakilan perempuan 30 persen di daftar Bacaleg itu diatur dalam PKPU nomor 20 tahun 2018.
“Keterwakilan perempuan 30 persen di setiap dapil itu wajib, jika tidak parpol dianggap tidak memenuhi syarat,” kata Firamon.
Menurut Firamon, persyaratan lainnya parpol harus menyutujui fakta integritas untuk tidak mencalonkan mantan terpidana bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak dan/atau korupsi.
“Di sini juga akan kita verifikasi ke lembaga terkait, apa benar bacaleg nanti bukan mantan napi tiga kasus itu,” ujarnya.
Hingga saat ini para bakal calon legislatif (bacaleg) di semua daerah Sumsel, baik tingkat kabupaten atau kota maupun tingkat provinsi, masih sibuk mempersiapkan semua berkas persyaratan pendaftaran.
Beberapa poin penting persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu keterwakilan perempuan 30 persen dengan sistem zipper per dapil.#osk

Beri komentar