Home » Berita » Parpol Tak Calonkan Mantan Napi - Trijaya FM Palembang

Parpol Tak Calonkan Mantan Napi

Palembang, BP
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel melakukan sosialisasi Peraturan KPU Nomor 20 tahun 2018 terhadap partai politik yang akan mencalonkan kader partai sebagai calon anggota legislatif di Pileg 2019 mendatang.
“PKPU ini yang mengatur tentang pencalonan khususnya untuk DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota. Untuk pendaftaran sudah dibuka mulai tanggal 4 Juli lalu hingga 17 Juli mendatang,” ujar Ketua KPU Sumsel, Aspahani , Jumat (6/7) siang.
Dikatakan Aspahani, melalui sosialisasi PKPU 20 tahun 2018 tersebut pihaknya ingin agar parpol dapat mempersiapkan kader terbaik untuk dicalonkan menjadi anggota legislatif baik tingkat provinsi maupun kabupaten kota.
“Kita secepat mungkin selesaikan fase pendaftaran ini, persyaratan utama pencalonan yang bersangkutan harus dari parpol. Jumlahnya paling banyak sesuai alokasi kursi tiap dapil, misalnya ada 8 kursi di dapil tersebut berarti yang boleh maju hanya 8 orang,” katanya.
Selain itu, kata dia, Peraturan KPU No 20 tahun 2018, salah satu isinya mengatur tentang syarat bakal calon anggota legislatif yakni tidak pernah sebagai mantan narapidana narkoba, kejahatan seksual terhadap anak dan korupsi.
“Parpol harus membuat pernyataan bersyarat yang menyatakan bahwa parpol tersebut tidak akan mencalonkan mantan narapidana dari kategori-kategori itu sebagai anggota legislatif,” kata Aspahani.
Ditanya soal pencalonan anggota DPD RI, ditambahkan Aspahani, pihaknya belum mengetahui secara jelas apakah PKPU nomor 20 tahun 2018 juga berlaku dalam pencalonan anggota DPD.
“Kita belum bisa memastikan apa PKPU itu juga diberlakukan untuk DPD, aturan itu masih dalam proses judicial review,” katanya.#osk

Beri komentar