Home » Berita » Geliat SKK Migas Wujudkan Peningkatan Produksi Migas - Trijaya FM Palembang

Geliat SKK Migas Wujudkan Peningkatan Produksi Migas

SUNGAILIAT – Produksi Minyak dan gas di wilayah Sumatera bagian selatan terus alami penurunan.

Hal ini disebabkan sebagai besar produksi migas wilayah Sumatera Bagian Selatan berasal dari sumur – sumur tua.

“Perkiraan saat ini produksi minyak wilayah Sumbagsel sekitar 70 ribu barel perhari,”ungkap Wisnu Prabawa Taher, Kepala Divisi Komunikasi dan Humas SKK Migas diacara Media Gathering Media Sumsel – Jambi di Tanjung Pesona, Sungai Liat, Babel, Senin (13/8/2018).

Menurutnya produksi ini hanya sekitar 50 – 60 persen kapasitas kilang Minyak Plaju, Palembang.

“Inilah yang spirit dan harapan baru untuk peningkatan produksi minyak bumi dan gas melalui peningkatan eksplorasi,”ujarnya.

Pemerintah melalui SKK Migas akan fokus dalam eksplorasi dan mencari serta membuka penemuan cadangan baru baik berupa seismik dan pengeboran.

Data SKK Migas saat ini terdapat 225 wilayah kerja, 92 wilayah eksploitasi, 90 wilayah eksplorasi dan 37 wilayah konvensional.

Terkait dengan peningkatan cadangan dan eksplorasi akan ada komitmen kerja pasti yaitu bentuk komitmen operator dalam penyediaan dana.

“Awal tahun 2019, dana dipersiapkan mencapai 1.6 miliar dolar AS. Misalnya termasuk wilayah di Jambi Merang yang akan dieksplorasi tahun 2019,”terang Dia.

Dikatakannya, pada tahun 2025 terdapat 19 proyek dengan nilai 19 miliar dolar AS, termasuk di Rokan dan di Gresik.

Sementara, Kepala SKK Migas Sumbsel melalui Ketua Bid Humas M. Agus mengatakan peningkatan tergat cadangan migas perbulan Juli 2018 sudah mencapai 136 persen atau melampui target 100 persen.

“Hal ini menjadi spirit bagi Indonesia untuk bisa memenuhi produksi dimasa akan datang,”pungkasnya (FK).

Beri komentar