Home » Berita » Perolehan Suara Pilpres akan Dihitung Lebih Dulu Saat Pemilu 2019 - Trijaya FM Palembang

Perolehan Suara Pilpres akan Dihitung Lebih Dulu Saat Pemilu 2019

Foto: Komisioner KPU Ilham Saputra (Ari Saputra-detikcom)

Jakarta – Pemungutan suara pasangan capres-cawapres dan anggota legislatif pada Pemilu 2019 akan dilakukan secara bersamaan. Nantinya perolehan suara capres-cawapres akan dihitung terlebih dahulu.

“Kita kemarin sudah konsultasi, penghitungan suara itu pertama presiden, kemudian DPR RI, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota,” ujar Komisioner KPU Ilham Saputra, di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (27/9/2018).

Ilham mengatakan, hal ini dimaksudkan agar perhitungan dapat lebih mudah. Selain itu diharapkan juga nantinya dapat mempercepat proses perhitungan suara.

“Ya kita biar lebih mudah saja dulu. Lebih mudah, lebih cepat penghitungan kita. Jadi mau lebih mempercepat proses penghitungan itu,” kata Ilham.

Menurutnya, proses perhitungan suara DPR baik provinsi dan kabupaten membutuhkan banyak waktu. Hal ini karena petugas harus terlebih dulu mencari, di bagian mana pemilih mencoblos dalam surat suara.

“Sebab kalau proses DPR provinsi kan juga harus cari kan di mana dia coblos, dan biasanya itu dibalik kan baru ketahuan coblosan ya,” kata Ilham.

“Tapi kalau presiden kan lebih mudah pengitunganya, sama kayak pilkada yang biasanya lebih cepat,” sambungnya.

Pemungutan suara Pemilu 2019 akan dilakukan pada tanggal 17 April 2019. Saat ini, tahapan pemilu tengah memasuki masa kampanye yang dimulai dari 23 September 2018 hingga 13 April 2019.(dwia/nvl)

Beri komentar