Home » Berita » Paling Banyak Nganggur, Lulusan SMK Bisa Kerja dengan Cara Ini - Trijaya FM Palembang

Paling Banyak Nganggur, Lulusan SMK Bisa Kerja dengan Cara Ini

lustrasi/Foto: Agung Pambudhy

Jakarta – Lulusan SMK tercatat paling banyak menjadi pengangguran. Namun, ada cara agar lulusan tersebut bisa mendapat pekerjaan.

Kasubdit Penyelarasan Kejuruan dan Kerjasama Industri Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud Saryadi mengatakan pada dasarnya yang mempengaruhi pengangguran adalah perkembangan industri.

Untuk itu, langkah agar lulusan SMK bisa mendapatkan pekerjaan dengan membuka kerja sama pendidikan dengan dunia industri.

“Perubahan struktur tenaga kerja di dunia ini sangat mempengaruhi. Jadi kami mendorong agar SMK dengan industri dalam satu pola kerja sama,” jelas dia usai acara Polemik di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (10/11/2018).

Ia mencontohkan, pola kerja sama yang dimaksud berupa pembukaan kelas praktik menjadi salah satu pembelajaran. Dengan begitu, siswa SMK sudah memiliki bekal keterampilan saat lulus.

“Misalnya PLN itu ada kelas khusus untuk jurusan kelistrikan. Jadi begitu mereka lulus bakal direkrut PLN,” sambung dia.

Selain itu, ia juga menekankan hal lain yang perlu diperbaiki oleh pemerintah, yakni aspek kurikulum, sarana dan prasarana, hingga kompetensi guru.

“Itu harus diperhatikan agar dunia usaha hadir dalam praktik kerja melalui penempatan sehingga memfasilitasi lulusan SMK bisa mendapatkan pekerjaan,” pungkas dia.(fdl/fdl)

Beri komentar