Home » Berita » Ada Titik Terang! AirNav Bicara Soal Suara Misterius di Pantura - Trijaya FM Palembang

Ada Titik Terang! AirNav Bicara Soal Suara Misterius di Pantura


Ilustrasi. Foto: Dok. Nicole Garmston


Semarang – Suara meraung yang terdengar di langit pantura Jawa Tengah dan sebagian Jawa Timur masih misterius. Namun AirNav Semarang memiliki dugaan dari mana asal suara tersebut.

Suara dengungan itu terdengar sekitar pukul 01.00 WIB dini hari tadi. Warga di Pekalongan, Semarang, hingga Blora mengaku mendengar di waktu yang hampir sama.

“Menyampaikan bilamana hal tersebut diyakini baling-baling pesawat, bahwa pergerakan pesawat di wilayah udara yang di Indonesia adalah 24 jam bisa sipil atau militer,” ujar Manajer Operasional AirNav cabang Semarang, Kelik Widjanarko kepada detikcom, Jumat (14/12/2018).

Kelik menjelaskan dirinya tak bisa menyajikan data secara rinci. “Jam tersebut AirnNav Semarang sudah closed jadi kami tidak ada data,” katanya. 

Meski demikian, Kelik menjelaskan data bisa didapatkan melalui operator di Jakarta. Pesawat yang terbang di wilayah Indonesia tetap terkontrol selama 24 jam.

“Untuk lebih jelasnya saya sarankan mencari informasi tersebut ke Jakarta,” imbuhnya.

Ilustrasi. Foto: Dok. Nicole Garmston
BMKG Semarang sebelumnya juga memastikan jika itu bukan suara fenomena cuaca dan dimungkinkan suara pesawat berbaling-baling. 
Diberitakan sebelumnya, warga di Pekalongan dan Semarang mendengar suara menderu di langit dini hari tadi. Dari laporan warga, suara itu didengar cukup luas dalam waktu yang bersamaan, dari Kabupaten dan Kota Semarang, Pemalang, Pekalongan bahkan hingga Cirebon.
alg/sip)

Beri komentar