Home » Berita » DKPP Pecat Komisioner KPU Pringsewu karena Kerap Bolos - Trijaya FM Palembang

DKPP Pecat Komisioner KPU Pringsewu karena Kerap Bolos


Ilustrasi Sidang DKPP

Jakarta – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memecat Komisioner KPU Kabupaten Pringsewu, Lampung, Agus Priyanto. Sebab, Agus terbukti kerap bolos kerja.

“Teradu terbukti tidak melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya sebagai anggota KPU Kabupaten Pringsewu,” kata Ketua DKPP Harjono sebagaimana dikutip dari website DKPP, Senin (21/1/2019).

Dalam persidangan DKPP, terungkap Agus tak hadir dalam Rapat Pleno KPU Kabupaten Pringsewu pada 31 Agustus 2018 jam 14.00 WIB. Rapat itu mengagendakan hasil klarifikasi tanggapan masyarakat atas DCS DPRD Kabupaten Pringsewu. Hal itu terus diulangi berkali-kali.

“Kemudian, berdasarkan berdasarkan bukti absensi harian Anggota KPU Kabupaten Pringsewu dari bulan Januari hingga bulan November tahun 2018 Teradu pernah tidak hadir selama 10 hari,” paparnya.

Agus juga tidak memenuhi jam kerja yang ditentukan dan tidak menghadiri/mengikuti apel mingguan yang dilaksanakan setiap hari Senin dengan alasan mempunyai urusan pribadi bersepeda serta menghadiri acara-acara pribadi. Bahwa Teradu sebagai Divisi Sosialisasi juga sering tidak hadir sehingga tugas- tugasnya dikerjakan atau diambil alih oleh komisioner KPU Kabupaten Pringsewu lainnya. 

“DKPP berpendapat, Teradu terbukti melanggar sumpah janji sebagai anggota KPU Kabupaten Pringsewu. Setiap Anggota KPU Kabupaten/Kota wajib bekerja sepenuh waktu dan mengutamakan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi atau golongan,” ujar Harjono.

Sikap dan tindakan Teradu bertentangan dengan norma hukum dan etika penyelenggara pemilu. Dengan demikian dalil aduan Pengadu terbukti dan jawaban Teradu tidak meyakinkan DKPP. Teradu terbukti melanggar Pasal 7 ayat (1), Pasal 15 huruf (a), huruf (b), huruf (c), huruf (d), huruf (f), huruf (g), dan huruf (h) Peraturan DKPP Nomor 2 Tahun 2017 tentang Kode Etik dan Pedoman Perilaku Penyelenggara Pemilu.

“Menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada Teradu Agus Priyanto selaku anggota KPU Kabupaten Pringsewu terhitung sejak dibacakannya Putusan ini,” putus Harjono.

(asp/rvk)


Beri komentar