Home » Berita » APPP Tolak Kenaikan PBB di Kota Palembang - Trijaya FM Palembang

APPP Tolak Kenaikan PBB di Kota Palembang

Palembang, BP

Aliansi Pemuda Peduli Palembang (APPP), menggelar aksi demo di depan Kantor Walikota Palembang, Jalan Merdeka, Palembang, Jumat (17/5). Aksi demo ini terkait naiknya nilai Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang cukup membuat resah sebagian masyarakat Palembang.
Kordinator aksi (korak) Rubi dalam tuntutannya menolak dengan tegas kebijakan Pemkot Palembang menaikan tarif PBB yang didasarkan pada perhitungan NJOP yang tidak rasional. Pendemo memberikan toleransi kenaikan hanya maksimal 100 persen dari tarif asal.
Kemudian, APPP menyatakan menolak segala bentuk eksplotasi sumber dana rakyat oleh Pemkot Palembang tanpa adanya pengawasan dari pihak legislatif maupun yudikatif. Menuntut janji kampanye Harnojoyo-Fitri yang akan memimpin Palembang dengan kebijakan prorakyat era pemerintah 2018- 2023.
Selain itu, mendesak pemerintah untuk membatalkan penetapan penyesuaian kenaikan PBB serta mengembalikan hak wajib yang telah terlanjur disetor berdasarkan kebijakan tersebut. “Jika tidak mendapat tanggapan yang positif maka kami mendesak DPRD Palembang dengan menggunakan hak interpelasi,’’ kata Rubi.
Lanjutnya, pada hakikatnya pemeirntah berkwajiban penuh untuk membawa rakyat menuju kehidupan yag adil dan makmur serta sejahtera sesuai amanat UUD 45.
Sementara itu, Asisten 1 Pemkot Palembang Sulaiman Amin yang menemui pendemo mengatakan, di tahun ini diberlakukan penyesuaian NJOP untuk meningkatkan PAD dengan azas keadilan.
Menurutnya, bilamana masyarakat kena di bawah 300 ribu maka diberlakukan pajak secara gratis. “Untuk menaikkan PAD maka salah satu sektor yang naik pajaknya yaitu PBB,” katanya.
Menanggapi adanya masyarakat yang membayar pajak yang sangat tinggi. “Kita lihat dulu apakah dia ada tempat usaha, nilai asetnya. Bila benar wajar naik segitu,” katanya.
Sulaiman menambakan, dengan naiknya NJOP ini juga dapat menaikkan nilai jual rumah atau tanah yang dipunya masyarakat Kota Palembang.#osk

Beri komentar