Home » Berita » Pelatihan Good Agriculture Practice Untuk Kelompok Tani Kopi di Semendo - Trijaya FM Palembang

Pelatihan Good Agriculture Practice Untuk Kelompok Tani Kopi di Semendo

Palembang, BP

Badan Standarisasi Nasional (BSN) bersama Dewan Kopi Sumatra Selatan (Sumsel)  dan PT. Pupuk Sriwidjaja melakukan pembinaan petani Kopi di Dusun Segamit, Kecamatan Semende Ulu Darat, Kabupaten Muara Enim, pada Kamis (16/5) yang lalu

Acara Sosialisasi Cara Budi Daya dan Paska Panen Kopi yang Baik sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) dilaksanakan di Aula Pondok Pesantren Darul Ulum, dihadiri oleh Kepala Dinas Perkebunan Muara Enim yang diwakili Kabid P2HP, Tokoh Masyarakat, Pimpinan Pondok Pesantren Darul Ulum (Muhammad Afifudin) dan anggota Kelompok Tani Kopi di Kecamatan Semende Darat Ulu.

Pembinaan Petani Kopi dilakukan melalui Kelompok Tani dan pada kesempatan ini ada 2 Poktan yang dibina yaitu Poktan Subur Jaya dan Gemilang. Anggota yang mengikuti pembinaan sebanyak 50 orang.

Nara sumber dan instruktur pembinaan terdiri dari Haryanto, Kepala Perwakilan SNI wilayah Indonesia Barat. Zain Ismed,MBA, Ketua Dewan Kopi Sumatra Selatan (DKS). Usman, PT Pupuk Sriwidjaja. Ir. Rusli, MSi, Dewan Pakar DKS, Ir. Imam S. MSi, Dosen Pertanian Unsri/Dewan Pakar DKS.

Materi sosialisasi mencakup Good Agriculture Practice (GAP) dan Pasca Panen Kopi sesuai Standar SNI, mulai dari penanaman, perawatan dan pemupukan kebun kopi serta pengolahan pasca panen. Penguatan kelembagaan/organisasi Petani agar berfungsi dalam memecahkan persoalan yang dihadapi anggota kelompok tani

Menurut Ketua Dewan Kopi Sumsel Zain Ismed, Sabtu (18/5)  materi yang disampaikan dikemas secara sederhana dan praktis agar mudah diserap serta diaplikasikan oleh para petani kopi di lapangan.

“Hal ini tercermin dalam tanya jawab antara petani dan nara sumber, para petani antusias dalam mengikuti pelatihan yang berlangsung dalam satu hari ini,” katanya.

Tokoh masyarakat Desa Segamit Pak Tengku yang juga Pimpinan Pondok Pesantren Darul Ulum sangat berterima kasih atas kegiatan sosialisasi ini dan berharap para petani semakin baik dalam mengelola kebun kopi mereka.#osk

Beri komentar