Home » Berita » KPU Sumsel Siap Hadapi Gugatan 14 Parpol di MK - Trijaya FM Palembang

KPU Sumsel Siap Hadapi Gugatan 14 Parpol di MK

Palembang, BP
Jelang sidang Perselisihan Hasil Pemilian Umum (PHPU) legislatif di Mahkamah Konstitusi (MK) untuk wilayah Sumsel pada 12 Juli mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel mengaku pihaknya optimis, dan siap menghadapi gugatan 14 parpol yang ada.
“Kita sudah siap alat- alat bukti, yang sudah semua diserahkan ke pengacara KPU RI di Jakarta, susunannya bukan per kabupaten/kota, tapi per parpol penggugat,” kata Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana, Rabu (10/7).
Menurut Kelly, dari laporan yang ia terima, ada 14 dari 16 parpol peserta pemilu 2019, yang melaporkan hasil perolehan suara Pileg di Sumsel ke MK.
Ke 14 Parpol terebut diantaranya, PBB, Perindo, Nasdem, PDIP, PKS, PPP, GOLKAR, Hanura, PAN, Berkarya, PKB, dan Demokrat yeng mempermasalahkan hasil hasil di beberapa Dapil (Daerah Pemilihan) baik tingkat DPR RI, DPRD Propinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota di Sumsel.
“Kita tunggu saja sidang di MKnya, dan semua akan dibuktikan disana,” katanya.
Diterangkan Kelly, mengingat sidang di MK itu bertepatan dengan sidang Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) di kantor Bawaslu Sumsel Palembang, mengingat KPU Sumsel saat ini mengambil alih tugas Komisioner KPU Palembang yang di non aktifkan dan menjadi teradu. Maka pihaknya dari 5 komisioner KPU Sumsel yang ada, berbagi tugas.
“Jadi, kami malam ini ke Jakarta untuk persiapan, dan saya bersama komisionsr divisi Hukum Hepriyadi akan menghadiri sidang di MK. Sedangkan 3 Komisioner KPU Sumsel lainnya, akan menghadiri sidang DKPP di Bawaslu Sumsel,” katanya.
Sementara Bawaslu Sumsel sendiri mengaku, dalam menghadapi sidang PHPU, pihaknya akan siap memberikan keterangan yang ada. Mengingat Bawalu juga wajib memberikan keterangan di sidang MK dan harus mendaftar.
“Kita sudah siap sejak 29 Mei lalu, registrasi baru keluar tanggal 2 Juni lalu, maka susunannya berubah. Sehingga saat ini kita susun ulang kembali,” kata komisioner Bawaslu Sumsel Junaidi.#osk

Beri komentar