Home » Berita » Pemkot Beri Diskon PBB pada 173 Ribu Wajib Pajak - Trijaya FM Palembang

Pemkot Beri Diskon PBB pada 173 Ribu Wajib Pajak

Palembang, BP — Pemerintah Kota Palembang akan memberikan stimulus atau diskon Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) kepada 173 ribu Wajib Pajak (WP). Agustus mendatang Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) WP tersebut akan dibagikan.

Kepala Badan Pengelola Pajak Daerah (BPPD) Kota Palembang, Sulaiman Amin mengatakan, BPPD saat ini sedang melakukan kajian teknis. Opsi yang diambil adalah memberikan stimulus kepada WP 20-80 persen yang dilihat dari kondisi objek dan subjek pajak.

“SPPT yang lama ditarik kembali. Kita cetak baru SPPT sesuai dengan stimulus atau diskon yang diberikan dan disebar pada bulan Agustus kecuali WP dengan pajak di bawah Rp300 ribu,” katanya usai bertemu dengan Ombudsman Sumsel, Senin (8/7/2019).

Stimulus ini dikategorikan dari buku 1 sampai 6. WP di bawah Rp300 ribu diberi stimulus 100 persen. Sementara pajak dari Rp300 ribu – Rp500 ribu ada di buku 3 diberi 80 persen. WP yang masuk buku 4 diberi stimulus 70 persen, buku 5 diberi 60 persen, buku 6 diberi 50-20 persen.

“Agustus akan dibagikan SPPT, maka bagi yang berkeberatan masih ada peluang mengajukan keringanan, ada syaratnya sesuai SOP di perwali dilihat kondisi subjek dan objek pajak,” jelasnya.

Dengan adanya stimulus ini hitungan pendapatan PBB akan ditutupi dari sektor lain. Target awal Rp442 miliar, dengan ada pengurangan sesuai dengan hitungan persentase target, jika capaian 80 persen jadi totalnya Rp275 miliar.

“SPPT di bawah Rp300 ribu tetap berjalan dan tidak ditarik. Kita prediksi yang akan diberikan stimulus di buku 3 – 6 itu ada 173 ribu WP, sisanya yang nihil ada 267 ribu WP,” katanya. #pit

Beri komentar