Home » Berita » Bidik 2000 Pedagang Pasar Jualan Online - Trijaya FM Palembang

Bidik 2000 Pedagang Pasar Jualan Online

Palembang, BP — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membidik 2000 pedagang dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di pasar Palembang untuk mengembangkan usahanya dengan berjualan secara online dan agar dapat melakukan transformasi digital dari offline menjadi online melalui Grebek Pasar UMKM Go Online.

Kasubdit pengembangan ekonomi digital Pariwisata transportasi Perdagangan, direktorat ekonomi digital ditjen Aptika (Aplikasi Informatika) KemenKominfo, Sumarno mengatakan, sebanyak 2.000 UMKM di enam pasar di Kota Palembang ditargetkan siap untuk berjualan online.

“Program Grebeg Pasar UMKM Go Online tidak hanya memfasilitasi para pedagang untuk on boarding di marketplace, tapi juga melakukan edukasi pedagang dalam penggunaan platform pembayaran elektronik sebagai alat pembayaran yang praktis, cepat dan aman,” katanya, Senin (21/10/2019).

Dalam prosesnya, pedagang yang ingin dagang go online tak perlu bingung. Sebab ada pendampingan bagi pedagang pasar. Kementerian Kominfo juga dibantu oleh 30 relawan Pandu Digital. Para pandu digital ini nantinya diharapkan dapat terus mendampingi para pedagang melakukan transaksi penjualan secara online.

Jadi pedagang bisa memperluas pasarnya dengan marketplace yang tersedia, dan juga disuport dengan digital payment, yakni OVO. “Untuk aplikasinya sendiri, pihaknya bekerja sama dengan Bukalapak, OVO, Lazada, Shopee dan beberapa aplikator lain,” katanya.

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 22 Oktober sampai 4 November 2019 di sejumlah lokasi, yaitu Pasar 16 Ilir, Pasar Perumnas Sako, Pasar 26 Ilir, Pasar Gubah, Pasar Sekip, dan Pasar Lemabang. Kita target Ada is 2000 UMKM yang dapat go online,” jelasnya. #pit

Beri komentar