Home » Berita » Ombudsman: Pelayanan Publik di Polda Sumsel Masuk Zona Hijau - Trijaya FM Palembang

Ombudsman: Pelayanan Publik di Polda Sumsel Masuk Zona Hijau

Palembang, BP
Ketua Ombudsman RI, Prof. Amzulian Rifai, S.H. LLM PH.D menilai pelayanan publik yang ada di Polda Sumsel mengalami peningkatan yang lebih baik.

“Secara umum pelayanan publik yang ada di kepolisian jauh lebih meningkat, termasuk pelayanan publik di Polda Sumsel,” kata Amzulian Rifai di sela-sela kunjungan pengawasan pelayanan publik di Polda Sumsel, Jumat (4/10).

Lanjutnya, Ombudsman juga menilai Polri salah satu institusi yang cukup agresif memperbaiki diri. Bahwa mereka memiliki banyak kekurangan, itu betul. Namun demikian, Polri juga terbuka untuk dikritik.

“Ombudsman juga menilai institusi Polri juga institusi yang paling cepat menanggapi ketika Ombudsman meminta klarifikasi,” tuturnya.

Menurutnya, cepat menanggapi itu penting karena ketika ada yang melaporkan ke Ombudsman terkait Polri, Ombudsman harus meminta klarifikasi kepada Polri.

“Jadi Ombudsman dalam memberikan penilaian ada terbagi tiga zona. Zona merah, kuning dan hijau. Untuk Polda Sumsel kami berikan zona hijau artinya cukup baik,” katanya.

Adanya terobosan dari Korlantas Polri peluncuran Smart SIM, Ombudsman berharap Polri tidak merubah namanya saja tetapi juga ada perubahan.

“Intinya apapun nama nya masih pelayanan publik. Jadi bagaimana masyarakat diberikan kemudahan dalam mendapatkan Smart SIM tersebut. Kemudian kemanfaatnya kalau dilihat Smart SIM ini sudah ada kemajuan karena bisa digunakan sebagai e money,” tambahnya.

Sementara itu, Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan SIK SH MH bersyukur dengan penilaian yang diberikan Ombudsman ke Polda Sumsel, khususnya pelayanan publik mendapatkan nilai zona hijau dari Ombudsman.

“Polda Sumsel senantiasa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik mungkin. Dan Polda Sumsel juga senantiasa membuka diri menerima masukan masukan dari masyarakat,” tuturnya. # fer

Beri komentar