Home » Berita » Bupati Muba DRA Beri Semangat Izami dan Imam Maju ke Olimpiade Matematika ke tingkat Internasional - Trijaya FM Palembang

Bupati Muba DRA Beri Semangat Izami dan Imam Maju ke Olimpiade Matematika ke tingkat Internasional

SEKAYU – Berhasil meraih juara di ajang tingkat internasional yakni South East Asian Mathematical Olympiad (SEAMO) atau olimpiade matematika, oleh dua pelajar asal SMP Negeri 6 Unggul Sekayu yaitu Izami Eurico Bermanah dan Imam Addarul Quthni, merupakan suatu kebanggan di dunia pendidikan bagi Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Demikian disampaikan Bupati Muba H Dodi Reza Alex pada saat audiensi menerima Siswa, wali murid dan Kepala Sekolah SMP Negeri 6 Unggul Sekayu yang mengikuti Final Olimpiade South East Asian Mathematical Olympiad (SEAMO) X di Gold Cost Australia, di Ruang Audiensi Bupati, Rabu (8/1/2020).

Bupati Muba Dodi Reza mengucapkan selamat kepada Izami Eurico Bermanah dan Imam Addarul Quthni yang telah berhasil meraih juara olimpiade matematika tingkat internasional.

“Pertahankan prestasinya dan lebih memaksimalkan lagi persiapan untuk mengikuti ajang Seamo X yang akan digelar Minggu depan, prinsipnya Pemkab Muba akan mendukung dan memfasilitasi, ini juga guna mengasah kemampuan dan menambah pengalaman peserta didik itu sendiri,” pungkasnya.

Dodi juga berpesan agar Izami dan Imam jaga kesehatan, makan dan istirahat dengan teratur selama disana. Tenang dan jangan grogi, cukup percaya diri saja kalau orang luar tidak harus lebih pintar dari orang indonesia.

“Banyak juga mahasiswa kita justeu lebih berprestasi mengalahkan mahasiswa di luar sana. Disini kalian sudah membawa nama negara, jadi hadapi saja dan dengan niat bismillah kita harapkan semiga bisa mencapai nilai yang terbaik dan pulang bawa medali. Kalau Pulang nanti dapat medali emas di olimliade tentunya ini prestasi luar biasa, karena ini pesertanya se Asia Pasifik,”ucap Dodi.

Diketahui, pada ajang tersebut diikuti ribuan peserta dari 18 negara di Asia pada 27 September lalu, silabus SEAMO sendiri dikembangkan berdasarkan Kurikulum Olimpiade Matematika Singapura dan 40 persen materinya telah dimodifikasi untuk memenuhi standar internasional.

“Alhamdulillah Izami berkompetisi dalam kategori Paper D untuk kelas 7 dan 8, sedangkan Imam masuk dalam kategori Paper E untuk kelas 9 dan 10 dan kami berhasil meraih medali perunggu,” ungkap keduanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muba, Musni Wijaya menyebutkan, setelah berhasil melewati tahapan tersebut mereka masuk dalam kualifikasi untuk mengikuti Final Olimpiade SEAMO X pada 18-19 Januari tahun 2020 di Gold Coast, Australia. Namun akan diberangkatkan ke Jakarta pada tanggal 14 Januari, guna mengikuti masa pembinaan dari Sampoerna Foundation.

“Sejak awal tahun 2019 ini, SMPN 6 Unggul Sekayu ditetapkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Musi Banyuasin sebagai sekolah yang mengikuti Program Pengembangan Sekolah bernama Lighthouse School Program (LSP) yang sebelumnya telah diadakan di 4 sekolah lainnya di Babat Toman dan Sungai Lilin,” terangya.

Lanjut Musni, sebagai sekolah yang baru mengikuti rangkaian kegiatan LSP, SMPN 6 Unggul Sekayu diharapkan dapat terus mencetak prestasi baik dalam kompetisi nasional maupun internasional.

“Program LSP ini juga merupakan inisiasi pak Bupati Muba Dodi Reza yang berharap dan terus gencar mencetak generasi pelajar Muba yang unggul, berprestasi, dan mampu bersaing di level nasional maupun internasional,” ulasnya.

Beri komentar