Home » Berita » Jelang PSBB, Sejumlah Retail di Kota Palembang Tetap Operasional - Trijaya FM Palembang

Jelang PSBB, Sejumlah Retail di Kota Palembang Tetap Operasional

Palembang – Tahun ini, Lebaran akan terasa berbeda. Indonesia, kini tengah dilanda pandemi covid19. Ada kebijakan sosial distancing, pemakaian masker hingga pembatasan social berskala besar (PSBB) di beberapa kabupaten/kota di Indonesia. Namun hal itu tidak menyurutkan “semangat”  warga Kota Palembang untuk berbelanja kebutuhan pokok.  Mulai dari pakaian, pangan hingga perlengkapan “berbau” Lebaran lainnya.  Pasar tradisional, mini market hingga toko retail, kini mulai kebanjiran pengunjung.

Animo masyarakat yang tinggi untuk berbelanja, membuat sejumlah mall dan perusahaan retail mengambil langkah strategis guna memaksimalkan potensi  peningkatan volume penjualan.

Adalah Agus Ekawani, General Manager OPI Mall Palembang mengungkapkan pihaknya sudah menginformasikan kepada pemilik tenant untuk menambah stok mereka guna mengantisipasi peningkatan jumlah pengunjung mall dan penjualan.


Agus Ekawani, General Manager OPI Mall Palembang

“Seperti biasa, tenant sudah menambah stok,” ujar Agus.

“Bahkan (penambahan stok ini) sudah di-forcast sejak bulan Januari lalu,” imbuhnya.

Ia menambahkan, di tengah pandemi covid19, pihak management mall tetap meminta pihak tenant untuk melakukan kegiatan operasional seperti biasa. Tentunya dengan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

“Tenant kami wajibkan untuk buka seperti biasa sejak tanggal 8 Mei lalu,” ujar Agus.

“Kalaupun ada tenant yang tidak operasional, tentunya mereka punya kebijakan khusus atau ada himbauan dari pemerintah setempat,” jelasnya.

“Kami melaksanakannya (protokol kesehatan) dengan ketat dan disiplin kepada setiap tenant dan pengunjung mall. Bagi pengunjung yang tidak memakai masker & tidak berkenan di-thermogun,  dilarang masuk mall,” ujar Agus.

Ia menambahkan, bagi tenant yang tidak melaksanakan protokol kesehatan, akan ditindak sesuai dgn aturan yang berlaku.

Mall yang berlokasi di kawasan “sunrise” Jakabaring ini buka mulai pukul 11.00 – 19.00 WIB dan tetap melayani pengunjung saat Lebaran.

“Saat Lebaran, kita buka pukul 12.00,” pungkas Agus.

Kebijakan sedikit berbeda, dilakukan oleh Transmart Carrefour Palembang Square Mall. Menurut Customer Service Coordinator, Sri Utami, meski mendekati hari raya, pihaknya tidak melakukan penambahan stok barang.

“Untuk stok saat ini mencukupi,”ujar wanita yang biasa disapa Tami ini.

Menurutnya, tidak banyak perubahan kebijakan yang diambil oleh manamagent terkait Lebaran atau Idul Fitri.

“Waktu operasional masih seperti biasa. Pukul 11.00 – 20.00 WIB. Tidak ada penambahan waktu kerja karyawan atau lembur,” ujar Tami.

Lantas, bagaimana protocol kesehatan terkait pandemic covid19 ?

“Sesuai protocol kesehatan yang berlaku” ujarnya.

“Kita ada pengukuran suhu pengunjung sebelum masuk ke toko dan kita menyediakan hand sanitizer di depan pintu masuk,” pungkasnya.

(Julian)

Beri komentar