Home » Berita » PE100A Edge Computer, Jagoan Anyar ASUS - Trijaya FM Palembang

PE100A Edge Computer, Jagoan Anyar ASUS

Trijayafmplg.net –  Seolah tanpa lelah menghasilkan produk dan inovasi berkelas, pada Senin, 22 Juni 2020, ASUS resmi merilis PE100A.  Komputer canggih dengan sasis tanpa kipas ini, memungkinkan pengoperasian senyap dan merupakan gelombang pertama perangkat ARM64-based edge-computing untuk mendukung Windows IoT Core. PE100A sendiri menggunakan motherboard Pico-ITX yang dioptimalkan untuk TCO, didukung oleh papan secondary I/O untuk fungsionalitas ekstra. Produk ini didukung oleh prosesor NXP® i.MX 8M system-on-a-chip (SoC) yang berbasis arsitektur Arm® Cortex-A53 hingga 1.3 GHz dan memberikan kinerja yang efisien dengan konsumsi daya rendah.

PE100A juga dilengkapi dengan memori onboard 4 GB LPDDR4 dan onboard eMMC 16 GB, dan mencangkup dua port Ethernet, tiga port USB dan satu HDMI pada sisi depan, dua port COM, dengan bus RS232/RS485/CAN, dan sebuah digital DI/DO juga tersedia secara opsional di bagian belakang.

Dibagian dalam, mainboard  PE100A juga mendukung sebuah konektor M.2 E-key dan konektor kartu microSD, sementara board I/O menawarkan PCIe® Mini/mSATA dan interface soket nano-SIM.

Komputer baru ini direkayasa untuk digunakan pada lingkungan yang keras, mampu beroperasi secara handal dalam kisaran suhu yang luas. Produk ini juga dirancang untuk berfungsi sebagai perangkat gateway edge-to-cloud untuk pengumpulan data, pemrosesan dan penerusan data, dengan TCO-optimized single board computer (SBC) yang ideal untuk solusi otomatisasi embedded dan beragam aplikasi smaller-scale IoT.

Berbicara tentang PE100A, ini  adalah bagian dari gelombang pertama edge computer dalam jajaran produk ASUS AIoT dan dirancang untuk mencapai keseimbangan sempurna antara ukuran yang ringkas, konsumsi daya yang rendah dan kinerja yang luar biasa. Dengan NXP i.MX 8M, PE100A adalah edge computer dengan basis arsitektur ARM64 dan diperkirakan menawarkan dukungan untuk Windows 10 IoT Core di Q3 2020 — sistem operasi Microsoft yang dioptimalkan untuk perangkat kecil tanpa layar dan yang mempertahankan semua fitur pengelolaan dan keamanan yang diharapkan. Sistem opearsi Yocto juga didukung untuk aplikasi berbasis Linux.

PE100A dirancang secara keseluruhan untuk memberikan kinerja menakjubkan dengan penumpukan termal yang minimal dan tanpa gangguan. Pada sisi atas sasis dilengkapi dua rak sirip pendingin, yang diposisikan secara efisien dan jauh dari komputer. Ini adalah bagian intrinsic dari desain tanpa kipas dari PE100A dan memungkinkan pengoperasian yang efisien dan sepenuhnya senyap. Pengaturan pendinginan eksternal ini juga meminimalkan masuknya debu, menjaga PE100A berjalan dengan keandalan maksimal lebih lama.

Meskipun dimensinya kecil, PE100A benar-benar dapat ditingkatkan. Mendukung motherboard Pico-ITX adalah papan I/O khusus yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan fungsionalitas tambahan seperti yang diperlukan, seperti PCIe Mini, nano-SIM, COM atau terminal DI/DO. PE100A dapat ditentukan dengan atau tanpa secondary I/O board, sehingga cocok untuk berbagai aplikasi dan anggaran.

PE100A juga mendukung modul ekstensi, termasuk modul TPM dan Crypto kami sendiri. Modul ASUS TPM mmemungkinkan penyimpanan kunci digital, sertifikat dan kata sandi yang aman, memberikan perlindungan data yang ditingkatkan. Modul Crypto memberikan perlindungan pengunggahan saat data bergerak ke cloud dan memastikan kunci enkripsi tidak akan bocor selama proses pengunggahan file.

Lantas, berapa harga ASUS PE100A ?

Jagoan baru ASUS ini akan tersedia secara global mulai awal Juni 2020. Silahkan kontak perwakilan ASUS di kota anda untuk informasi lebih rinci dan hubungi commercial_id@asus.com jika ada pertanyaan.

(Julian/Rilis)

Beri komentar