Home » Berita » Perlukah Isi Ulang Freon AC ? Jawabannya Bikin Tercengang - Trijaya FM Palembang

Perlukah Isi Ulang Freon AC ? Jawabannya Bikin Tercengang

Trijayafmplg.net – Ada beberapa mitos tentang pendingin ruangan atau AC yang sering kali membuat konsumen rugi. Salah satunya adalah mitos AC split yang harus diisi ulang freon  secara berkala setiap beberapa bulan.

Secara garis besar, prinsip kerja AC rumah sama persis dengan AC mobil. Keduanya ada kompressor yang berfungsi memompa gas freon ke evaporator di unit indoor yang selanjutnya akan dihembuskan angin. Nah, angin yang keluar dari kisi-kisi AC adalah angin dingin. Sementara itu, gas freon yang tersimpan di kompressor selalu berputar di putaran tertutup (closed loop) dari kompressor, dipompa ke evaporator dan balik lagi ke kompressor. Oleh karena itu, gas tidak mungkin keluar dari putaran tersebut kecuali ada kebocoran.

Jika masa pakai di bawah 2 tahun atau bahkan belum setahun sudah harus isi ulang freon bisa jadi penyebabnya adalah hal berikut ini:

1. Ada kemungkinan pipa retak atau bocor halus saat pemasangan AC pertama kali

Oleh karena itu – tanpa bermaksud men-diskreditkan teknisi pasang AC – berhati-hatilah dalam memilih tempat membeli AC. Karena tidak semua toko AC memiliki teknisi AC in-house. Banyak teknisi pasang AC mereka adalah freelance. Bisa jadi kualitasnya bagus, mungkin juga tidak.

3. Bisa juga kualitas pipa yang digunakan abal-abal, tidak ber-merk atau ber-merk tapi palsu.

4. Mungkin di sambungan pipa (naple) pada saat flaring kurang kencang. Akibatnya bocor halus. Bisa juga karena terlalu kencang yang menyebabkan pipa retak atau pecah. Ini bisa terjadi apabila menggunakan flaring yang tidak baik mutunya.

5. Bisa juga karena anda menggunakan jasa service AC sembarangan – yang mungkin (maaf) – dari iklan yang ditempel di pohon pinggir jalan. Mungkin saja saat mereka “nakal” saat memeriksa AC bagian outdoor. Sambungan pipan dikendorkan sedikit supaya Freon terbuang sedikit demi sedikit dan dalam waktu 2 atau 3 bulan AC jadi tidak dingin lagi karena Freon berkurang atau bahkan habis.

Memang, tidak semua teknisi yang menerima jasa service AC seperti itu, namun cobalah lebih selektif dalam memilih tempat membeli dan service AC anda.

6. Bisa saja evaporator unit Indoor AC anda bocor. Bila ini terjadi, sebaiknya evaporator AC di-las. Namun sayangnya, bila sudah di-las, umurnya tidak akan panjang. Paling lama 3 bulan sudah bocor lagi. Anda disarankan untuk segera menabung untuk membeli AC baru.

Nah itulah jawaban dari mitos masalah AC yang paling sering terjadi, yaitu isi ulang freon atau nambah freon. semoga artikel ini bermanfaat dan membuat anda tidak mudah ditipu oleh oknum atau toko AC yang tidak bertanggung-jawab dan yang hanya ingin untung tanpa memikirkan konsumen. Jadilah konsumen pintar ya.

(Julian/Berbagai sumber)

Beri komentar