Home » Berita » Virus Corona Serang Otak dan Berpotensi Rusak Organ Ini - Trijaya FM Palembang

Virus Corona Serang Otak dan Berpotensi Rusak Organ Ini

Trijayafmplg.net –  Virus Corona atau COVID-19, disebut-sebut belum ada vaksin yang bisa mengatasinya. Kenyataan ini membuat banyak peneliti dari berbagai negara seakan berlomba untuk mengobservasi virus ini. 

Belum  lama ini, dari sebuah studi awal terhadap pasien yang terjangkit Covid-19 yang dirawat di rumah sakit,  ditemukan fakta yang mencengangkan.  Penyakit ini dikatakan dapat merusak otak, menyebabkan komplikasi seperti stroke, peradangan, psikosis, dan gejala mirip demensia pada beberapa kasus yang parah.

Ternyata, efek penyakit ini bukan hanya pada otak saja namun berisiko menyebabkan kerusakan jantung dan ginjal.

Sebuah pedoman baru Institut Nasional untuk Kesehatan dan Perawatan – seperti dikutip dari pikiran-rakyat.com, menunjukkan bahwa dokter yang merawat pasien dengan Covid-19 harus waspada dalam mencari tanda-tanda cedera miokard akut (tanda-tanda serangan jantung).

Gejala serangan jantung akut termasuk nyeri dada, jantung berdebar-debar kelelahan luar biasa dan sesak napas. Gejala ini mirip dengan pernapasan Covid-19 dan sangat penting untuk memeriksanya dengan menyelidiki gejala-gejala ini.

Alat Elektrokardiografi (EKG) dapat mengidentifikasi pasien dengan dugaan serangan jantung. Pasien-pasien ini harus sering “dimonitor” untuk mengidentifikasi penurunan fungsi jantung atau pernapasan.  Bila virus menyerang otot jantung maka kemungkinan miokarditis (radang otot jantung) dan gagal jantung akan terjadi.

Adalah Graham Lipkin, seorang konsultan nefrologi dan Presiden Renal Association, menjelaskan bahwa pasien Covid-19 dapat mengalami cedera ginjal akut (AKI) karena berbagai alasan. Salah satunya adalah mereka sering mengalami dehidrasi pada saat mereka tiba di rumah sakit.

Kemudian Covid-19 yang parah dapat menyebabkan “badai sitokin” ketika tubuh mengalami peradangan luas di seluruh organ kitaAlhasil, ginjal akan menjadi mangsa peradangan.

Oleh sebab itu, ternyata Covid-19 begitu rumit dan saling berhubungan dengan organ penting di dalam tubuh kita. Karenanya, kita perlu untuk tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan patuhi protokol kesehatan jika berada di tempat umum.***

Beri komentar