Home » Berita » Begini Kondisi Terkini Dampak Banjir di Kabupaten Konawe - Trijaya FM Palembang

Begini Kondisi Terkini Dampak Banjir di Kabupaten Konawe

Meluapnya sungai Konaweha dan sungai Jahambuti.

Trijayafmplg.net – Setidaknya terdapat 50 desa di 16 Kecamatan terdampak oleh banjir akibat meluapnya sungai Konaweha dan sungai Jahambuti. Penyebabnya, hujan dengan intensitas rendah hingga tinggi yang mengguyur Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara selama satu minggu.

Berdasarkan laporan Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sedikitnya 3.306 KK terdampak banjir dan membuat kurang lebih 4.046 jiwa terpaksa mengungsi.

Selain itu, dari sesi kerugian materil, banjir ini menyebabkan sekitar 1.438 rumah dan 11.800 Ha sawah terendam, serta mengancam lahan perkebunan dan perikanan yang terendam gagal panen.

Infrastuktur jembatan yang menjadi akses transportasi di Kabupaten Konawe, yakni di Kecamatan Lambuya, Kecamatan Tongauna, dan Kecamatan Latoma terputus akibat terjangan banjir.

Saat ini, terdapat 4 jembatan lainnya yang masih terendam oleh banjir.

Selain itu, jaringan komunikasi, listrik, dan akses terhadap air bersih juga ikut terkendala akibat banjir yang saat ini masih merendam bagian hilir sungai Konawe dan sungai Jahambuti.

TRC Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe juga berupaya untuk mendistribusikan logistik ke beberapa desa yang tersebar di Kecamatan Puriala dan Kecamatan Pondidaha.

Selanjutnya, mendirikan dan membuka dapur umum lapangan, melakukan monitoring pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Konawe, melakukan evakuasi korban terdampak banjir, serta mendistribusikan air bersih.

Tim BPBD Kabupaten Konawe juga tengah menyiapkan perahu jenis Tamaran guna mengangkut suplai logistik ke daerah yang tidak dapat diakses melalui jalur darat. Serta aktivasi Posko Tanggap Darurat Bencana berpusat di kantor BPBD Kabupaten Konawe.

Pendampingan posko dan administrasi yang dilakukan Tim BNPB saat ini mencatat beberapa kebutuhan yang mendesak. Seperti, air bersih, makanan siap saji, selimut, peralatan pembersih rumah, matras/tikar, family kit, obat-obatan, pakaian dewasa dan anak-anak, serta kebutuhan bayi dan balita.***

Beri komentar