Home » Berita » Terbaru, Dokumen Perizinan Bisa Dikirim Dengan Layanan Gojek - Trijaya FM Palembang

Terbaru, Dokumen Perizinan Bisa Dikirim Dengan Layanan Gojek

Penandatanganan Nota Kesepahaman yang dilakukan oleh Kepala Dinas PM-PTSP Kota Palembang Akhmad Mustain dengan Head of Public Policy and Government Relations Gojek Sumbagsel Kenn Lazuardi Syarnubi

Trijayafmplg.net – Langkah maju kembali dilakukan oleh Gojek. Super App ini ikut terlibat dalam kebijakan pemerintah untuk memitigasi penyebaran pandemi COVID-19 dengan mengurangi interaksi di ruang publik.

Dengan bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (Dinas PM-PTSP), Gojek mempermudah masyarakat Palembang dalam pengurusan berbagai jenis dokumen perizinan usaha dan penanaman modal.

Kolaborasi tersebut diwujudkan dalam penandatanganan Nota Kesepahaman yang dilakukan oleh Kepala Dinas PM-PTSP Kota Palembang Akhmad Mustain dengan Head of Public Policy and Government Relations Gojek Sumbagsel Kenn Lazuardi Syarnubi pada hari Kamis 9 Juli  2020 silam di Kantor Mall Pelayanan Publik Kota Palembang.

Penandatangan ini sendiri disaksikan oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB, Prof. Dr. Diah Natalisa MBA.

Fitur Gosend, yang digunakan  dalam kerjasama ini, dipergunakan dalam pengantaran dokumen-dokumen perizinan dan penanaman modal di Kota Palembang. GoSend merupakan solusi pengiriman barang atau dokumen melalui aplikasi Gojek.

Driver Gojek akan mengantarkan barang dan dokumen sesuai titik pengambilan barang dan pengantaran barang. Dalam hal ini, driver Gojek akan mengantarkan dokumen kependudukan yang telah selesai diproses oleh Dinas PM-PTSP kepada masyarakat.

Namun demikian, protokol kesehatan pada pandemi COVID-19 tetap dikedepankan dengan menerapkan jaga jarak sosial (social distancing) serta melengkapi diri dengan masker dan alat perlindungan diri lainnya bagi mitra Gojek.

Dalam rilis-nya, Vice President Regional Sumbagsel Gojek Indonesia, Erika Agustine mengatakan sangat mengapresiasi kepercayaan Pemerintah Kota Palembang terhadap layanan Gojek. Ia mengatakan, Gojek berupaya untuk terus bisa diandalkan dalam berbagai situasi melalui pemanfaatan teknologi digital.

“Kerjasama dengan Dinas PM-PTSP di Kota Palembang untuk mengirimkan dokumen-dokumen perizinan yang diterbitkan oleh dinas kepada para pemohon, tentu bisa mengurangi kontak fisik dan menekan laju penyebaran COVID-19,”ujar Erika.

Sejalan dengan program pemkot dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, kementerian PAN-RB melalui Dinas PM-PTSP pemerintah kota Palembang, melihat peluang kerjasama dengan Gojek melalui layanan GoSend.

Dalam sambutannya  Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB, Prof. Dr. Diah Natalisa MBA menyampaikan harapannya terkait adanya Mall Pelayanan Publik (MPP) di kota Palembang.

“Semoga layanan menjadi semakin cepat, semakin baik dan masyarakat semakin mendapat kemudahan. Dan hari ini ada penandatangan antara MPP Kota Palembang dengan teman-teman dari Gojek. Hal yang sangat luar biasa mereka menjadi perantara kelancaran dari penyampaian dokumen.”ujar Diah.

Integrasi layanan GoSend dapat memudahkan masyarakat dalam pengambilan dokumen saja tanpa harus ke Mall Pelayanan Publik di Palembang. Saat pengiriman dokumen, MPP Palembang juga telah menyiapkan loket khusus GoSend dan perwakilan pegawai Dinas PM-PTSP yang akan mencatat nomor registrasi dan nomer order GoSend sehingga keamanan dan kerahasiaan dokumen akan tetap terjaga.

(Julian/Rilis)

Beri komentar