Home » Berita » Gojek Ajak Pebisnis UMKM Pempek di Palembang Go Digital - Trijaya FM Palembang

Gojek Ajak Pebisnis UMKM Pempek di Palembang Go Digital

Gojek Go Digital

Trijayafmplg.net – Berbalut semangat inisiatif #MelajuBersamaGojek, hari ini Gojek Palembang memberikan pelatihan kepada sejumlah pelaku usaha pempek rumahan yang berusaha Kampung Pempek Tangga Raja Cindo di Kelurahan 7 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Kota Palembang.

Kegiatan ini adalah kerjasama Gojek di Palembang dengan Pemerintah Kota Palembang, Paguyuban Kampung Pempek Tangga Rajo Cindo dan sejumlah UMKM yang bernaung di bawah Kecamatan Seberang Ulu I.

Dalam kesempatan ini, Gojek memberikan materi bertajuk “Resep Sukses Wirausaha” agar para pelaku industri rumah tangga ini berani melebarkan sayapnya memasuki bisnis secara digital untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan tetap bisa produktif semasa pandemi COVID-19. Para peserta tampak antusias dengan sejumlah pertanyaan yang disampaikan kepada pemateri sepanjang acara berlangsung.

Salah satu peserta pelatihan, Ibu Monalisa Rianti dari komunitas UMKM Kecamatan Seberang Ulu I menyambut gembira adanya pelatihan ini karena memberi wawasan baru dan membuka kesempatan lebih luas bagi bisnis rumah tangganya, ”Pelatihan ini membuat saya lebih paham aplikasi Gojek dan fitur GoFood itu bisa membuat usaha kita lebih dikenal oleh orang luar dan bisa menambah omzet jika dilihat dari pengalaman-pengalaman pelaku usaha sebelumnya. Jadi memotivasi kami untuk meningkatkan inovasi, terlebih buat pelaku usaha agar usahanya lebih dikenal dibanding usaha lain sejenis.”

Apresiasi senada juga disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa,”Pelatihan ini adalah yang pertama dari Gojek dan ini patut kita apresiasi karena ini menggeliatkan perekonomian Palembang di akar rumput. Saya mendapat laporan ada 53 binaan pempek dari kecamatan yang bekerjasama dengan Gojek. Tentunya ini ada pendampingan. Mulai dari pembuatan pempek yang baik, pemasaran yang baik dan packaging yang baik. Sehingga bisa berkembang tidak hanya di Palembang namun juga nasional dan internasional.”

Vice President Regional Sumatera Bagian Selatan Gojek Indonesia, Erika Agustine menyatakan,”UMKM adalah tulang punggung perekonomian di Indonesia. Di tengah terpaan pandemi Covid-19 saat ini, memasuki pasar digital menjadi sebuah solusi bagi UMKM untuk bisa terus bertahan dan berkembang. Gojek berupaya mengembangkan solusi yang lengkap, inklusif dan mudah diterapkan untuk membantu UMKM mempertahankan bisnis sekaligus mengembangkan skala usahanya. Dengan bergotong royong dengan berbagai pihak, baik itu pemerintah kota dan asosiasi pelaku bisnis UMKM, kami berharap langkah ini bisa memberi dampak  nyata yang signifikan bagi perkembangan UMKM di Palembang.”

Head of Public Policy and Government Relations Gojek Sumbagsel, Kenn Lazuardhi Syarnubi menyatakan bahwa kontribusi tersebut merupakan buah dari kerjasama yang erat antara Gojek dengan mitra pemerintah yang terjalin selama ini,”Menindaklanjuti penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Walikota Palembang pada akhir bulan Juli lalu, dimana Gojek fokus pada pengembangan UMKM Kota Palembang Smart City. Program pelatihan ini  merupakan wujud nyata untuk mengembangkan industri rumah tangga, mayoritas peserta pelatihan adalah pelaku usaha langsung yang terdampak Covid19 dan diharapkan pelatihan ini bisa lebih memajukan Industri Rumah Tangga dan menompak perekonomian melalui sektor mikro. ”***

Beri komentar