Home » Berita » PANDAWA Memudahkan Pelayanan Administrasi JKN KIS di Masa Pandemi - Trijaya FM Palembang

PANDAWA Memudahkan Pelayanan Administrasi JKN KIS di Masa Pandemi

Trijayafmplg.net – BPJS Kesehatan Cabang Palembang terapkan pelayanan tanpa tatap muka atau yang lebih di kenal dengan sebutan Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA). Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang “Muhamad Fakhriza” yang biasa di sapa Riza mengemukakan bahwa PANDAWA dilakukan dalam rangka mendukung pemerintah dalam menjalankan ketentuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di masa pandemi Covid-19.

Hadirnya Pandawa ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi peserta yang ingin mengurus administrasi BPJS Kesehatan. Melalui Pandawa, peserta dapat menyelesaikan proses administrasi kepesertaan melalui smartphone tanpa harus datang dan antre di Kantor BPJS Kesehatan. Peserta cukup mengirimkan Whatsapp ke nomor 081273199265 untuk mendapatkan pelayanan administrasi.

Layanan ini di inovasikan untuk mengurangi layanan tatap muka dan menekan jumlah kunjungan di kantor BPJS Kesehatan. Peserta atau calon peserta tidak perlu lagi datang ke kantor dan bisa mengakses layanan melalui chat Whatsapp, kata Riza.

Lebih lanjut, Riza menyatakan bahwa ada sepuluh layanan yang dapat dilayani melalui Pandawa ini. Pelayanan yang dimaksud yaitu pendaftaran peserta baru, penambahan anggota keluarga peserta, pendaftaran bayi baru lahir, perubahan segmen kepesertaan, perubahan data identitas peserta, perubahan Data Golongan dan Gaji Peserta (PNS/TNI/POLRI), Perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Peserta, Penonaktifan Peserta Meninggal, Perbaikan Data Ganda, dan Pengaktifan Kembali Kartu Peserta, jelas Riza.

Peserta atau calon peserta JKN-KIS yang berada di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Palembang yang meliputi Kota Palembang, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Banyuasin dan Kabupaten Musi Banyuasin dapat mengakses layananan ini pada hari kerja mulai pukul 08.00 sampai dengan 15.00 WIB, kata Riza

Satu hal lagi bahwa kita cukup mengirimkan satu kali pesan dan tidak perlu berkali-kali karena yang akan di proses adalah sesuai urutan pesan, jadi jika kita mengirimkan pesan berkali-kali maka pesan kita akan terbaca diurutan terakhir kita mengirimkan pesan, tambah Riza.

Juniarti (28), salah satu peserta JKN-KIS yang telah memanfaatkan kanal layanan Pandawa mengungkapkan dengan adanya layanan melalui whatsapp ini  pelayanan administrasi JKN KIS sangat mudah untuk di akses tanpa perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan.

“Pandawa ini sangat bermanfaat dan sangat mudah dalam penggunaannya, saya cukup mengirimkan pesan layanan ke nomor whatsapp yang ada, kemudian saya tinggal menunggu whatsapp balasan. Hal ini sangat membantu sekali di tengah kondisi yang tidak memungkinkan untuk berkerumun,” ujar Juni”

Beri komentar