Home » Berita » Sepanjang 2020, Pemkab Muba Sepakati 36 Kerjasama - Trijaya FM Palembang

Sepanjang 2020, Pemkab Muba Sepakati 36 Kerjasama

MUBA – Sepanjang tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan sepakati 36 kerjasama daerah.

Sekretaris Kepala Bagian Kerjasama Sekretariat Daerah (BKSD) Dicky Meiriando, SSTP, MH, Rabu (30/12/2020).

Sejak terbentuknya Bagian Kerjasama Daerah (BKSD) Muba pada bulan Februari 2020 lalu ditengah situasi pandemi Covid-19, BKSD Muba tetap memberikan Layanan Kerja Sama Daerah secara optimal berupa Fasilitasi Kerja Sama Dalam Negeri, Fasilitasi Kerja Sama Luar Negeri dan Evaluasi Kerja Sama kepada Pihak Pemrakarsa dan Pihak Mitra

Diketahui, sepanjang tahun 2020 ini, sebagai Sekretariat TKKSD telah memfasilitasi beberapa Kerja Sama Dalam Negeri. Setidaknya terdapat 36 Kerja Sama Daerah yang telah mencapai tahap penandatangan Naskah Kesepakatan dengan Pihak Mitra.

“Terdiri atas 33 Kerja Sama Daerah dengan Pihak Ketiga (KSDPK), 1 Kerja Sama Daerah dengan Daerah lain (KSDD), dan 2 Sinergi Program dengan Pemerintah Pusat,”ungkap Sekretaris Kepala Bagian Kerjasama Sekretariat Daerah (BKSD) Dicky Meiriando, SSTP, MH, Rabu (30/12/2020).

Lanjutnya, Untuk KSDPK diprakarsai Pihak Ketiga, meliputi Kerja Sama Penyelenggaraan Program Pengembangan Sumber Daya Manusia di Bidang Minyak dan Gas Bumi, Perkebunan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan dengan PT. Petrotekno.

Kemudian, penyelenggaraan Kerja sama dalan pengembangan usaha Kecil dan Menengah dengan KADIN Sumsel dan Kerja Sama dalam Pelaksanaan Penghormatan, Pelindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas di Kabupaten Musi Banyuasin dengan DPC PPDI Muba.

Sedangkan KSDPK yang diprakarsai Pemkab Muba meliputi Kerja Sama dalam Pemberian Bantuan Hukum bagi Fakir Miskin dengan Posbakum Advokat Indonesia Palembang, YLBH Sejahtera Palembang Sriwijaya, YLBHI Palembang, IKADIN Sumsel melalui Bagian Hukum Sekretariat Daerah.

Kemudian, Penyelenggaraan Kerja Sama di Bidang Ketenagakerjaan dengan PT. Pinago Utama, PT. Sriwijaya Nusantara Sejahtera, PT. Banyu Kahuripan Indonesia, PT. Kirana Musi Persada, PT. Hamita Utama Karsa, PT. Musi Banyuasin Indah, PT. Guthrie Peconina Indonesia, PT. Berkat Sawit Sejati.

Lanjut juga dengan PT. Pinang Witmas Sejati, PT. Hindoli, PT. Rimba Hutani Mas, PT. Tripupa Jaya, PT. Bumi Persada Permai, PT. Berkat Sawit Sukamaju, PT. Wana Potensi Guna, PT. Bara Mutiara Prima, PT. Sawit Agro Lestari, PT. Tempiral Energy Resources, PT. Bastian Olah Sawit, PT. DSSP Power, PT. Indomarco Prismatama (Indomaret), PT. Sentosa Bahagia Bersama, PT. Sentosa Mulia Bahagia, PT. Indonesia Fiberboard Indonesia, Tbk, PT. Bank SumselBabel dan PT. PLN (Persero) melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Untuk KSDD yaitu Kerja Sama dengan Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi tentang Penyelenggaraan Kerja Sama Daerah Antara Kabupaten Musi Banyuasin dan Kabupaten Muaro Jambi.

Sedangkan Sinergi Program dengan Pemerintah Pusat, meliputi: Sinergitas dalam Penyelenggaraan, Pengembangan dan Pemanfaatan Data dan Informasi Geospasial dengan Badan Informasi Geospasial, dan Sinergitas Program Perlindungan Kekayaan Intelektual Komunal dan Indikasi Geografis dengan Kanwil Kemkumham Sumsel, serta Sinergitas dalam Penyediaan dan pendistribusian gas bumi untuk rumah tangga dengan Ditjen Migas Kementerian ESDM.

Ditambahkan oleh Dicky yang menjabat juga sebagai Sekretaris TKKSD Muba, saat ini yang masih dalam tahap pembahasan naskah kesepakatan, antara lain Sinergi dengan Badan Keamanan Laut tentang Sinergitas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan di Bidang Keamanan dan Keselamatan di wilayah Perairan dan Badan Intelijen Strategis TNI tentang Penyelenggaran Urusan Pemerintahan di Bidang Intelijen dalam rangka Pencegahan Konflik Sosial yang diprakarsai Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.

Sedangkan yang masih dalam tahap persiapan antara lain Sinergi Program dengan Balai Riset dan Standardisasi Industri Kementerian Perindustrian dan Kerja Sama dengan Pusat Penelitian Karet PT. Riset Perkebunanan Nusantara yang di prakarsai Dinas Pedagangan dan Perindustrian tentang Fasilitasi Pengembangan Produk Hilirisasi Karet Alam untuk Industri Kecil dan Menengah.

“Kemudian KSDPK Prakarsa PT. Jasa Armada Indonesia, Tbk tentang Pemanduan dan Penundaan Kapal di Sungai yang saat ini sedang dalam pembahasan teknis dengan Dinas Perhubungan. Khusus KSDD ada beberapa yang masih dalam tahap penjajakan awal dengan Pemkot Palembang, Pemkot Lubuk Linggau, Pemkot Jambi dan Pemkab Ogan Komering Ilir,”terang Dicky.

Selain itu, ada pula fasilitasi pelaksanaan kesepakatan bersama KSDPK antara Pemkab Muba dengan PT. Generasi Bangsa Indonesia tentang Penyediaan Infrastruktur Penerangan Jalan Umum Skema KPBU Unsolicited. Dan antara Pemkab Muba dengan Pusat Penelitian Karet PT. RPN dan PT. Jaya Trade Indonesia tentang Pengolahan Aspal Karet Berbasis Lateks Pravulkanisasi.

Di Tahun 2020 ini BKSD Muba juga telah melakukan evaluasi guna mengoptimalkan pelaksanaan Kerja Sama Daerah khususnya terkait dengan KSDD yang sudah ditandatangani kesepakatan bersamanya, yaitu KSDD dengan Pemkab PALI, KSDD dengan Pemkab Banyuasin dan KSDD dengan Pemkab Musi Rawas.

Sedangkan terkait dengan Fasilitasi Kerja Sama Luar Negeri di tahun 2020 baru tahap penggalian informasi potensi kerja sama dengan Pemerintah Daerah Luar Negeri dan Lembaga di Luar Negeri melalui Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Luar Negeri.

“Mudah-mudahan ditahun mendatang kerja sama luar negeri ini dapat terlaksana, khususnya dalam mendukung terwujudnya Kabupaten Muba sebagai Ibukota Dunia untuk Energi Berkelanjutan berbasis Palm Oil di Tahun 2030,”ujarnya.(*)

Beri komentar