Home » COVID19 » BKKBN Sumsel Raih Nominasi Inovasi Terbaik Pelayanan KB di Masa Pandemi Covid-19 - Trijaya FM Palembang

BKKBN Sumsel Raih Nominasi Inovasi Terbaik Pelayanan KB di Masa Pandemi Covid-19


Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 tahun 2020, di halaman kantor BKKBN Sumsel, Senin 29 Juni 2020.

Trijayafmplg.net – Meski tengah berada di masa pandemi covid-19 yang belum jelas kapan berakhirnya, tidak menyurutkan langkan tenaga penyuluh di lapangan dalam mensosialisasikan pentingnya keluarga berencana (KB) bagi masyarakat.

Demikian diungkapkan oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Sumatera Selatan (Sumsel), Nopian Andusti, SE, MT, usai upacara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 tahun 2020, di halaman kantor BKKBN Sumsel, Senin 29 Juni 2020.


Kepala BKKBNPerwakilan Sumsel, Nopian Andusti, SE, MT

Menurut Nopian, meskipun dalam masa pandemi, pihaknya tetap optimis dan memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk melakukan sosialisasi.

“Kalau sosialiasi Alhamdulillah tidak ada masalah,” ujar Nopian.

“Kita (BKKBN) memanfaatkan secara optmimal sosial media,” imbuhnya.

Ia mengaku, memang – selama pandemi ini – ada beberapa kegiatan BKKBN terganggu, sehingga memberikan pelayanan secara terbatas.

“Memang, untuk pelayanan MKJP (metode kontrasepsi jangka panjang) agak terganggu karena ada beberapa faskes (fasilitas kesehatan) yang membatasi untuk  melakukan pelayanan,” ujar Nopian.

Meski begitu, BKKBN tidak kehilangan akal. Mereka kemudian menerapkan sistem janji pelayanan dan antar jemput.

“Janji pelayanan ini, kita (BKKBN) minta jadwal tertentu kepada faskes, lalu kita membuat janji dengan pasangan usia subur yang ingin dilayani. Nanti difasilitasi oleh teman-teman PKB (Penyuluh Keluarga Berencana),” ujar Nopian.

“Untuk sistem antar jemput, kita jemput pasangan usia subur. Bawa ke faskes, lalu setelah selesai, kita antar kembali mereka ke rumah. Jadi, mereka datang sehat, pulang sehat,” imbuh Nopian.

Ia mengatakan sistem ini dilakukan supaya tidak terjadi kerumunan dan pasangan usia subur tadi mendapat jadwal terpisah dari pelayanan pasien umum. Inilah inovasi yang dilakukan BKKBN di tengah masa pandemi.

Terkait dengan inovasi, BKKBN Perwakilan Sumsel tahun ini meraih nominasi 8 propinsi inovasi terbaik pelayanan KB di masa pandemi covid-19.

(Julian)

Beri komentar