Home » Feature » Gaun Songket Karya Eliza Akan Pecahkan Rekor

Gaun Songket Karya Eliza Akan Pecahkan Rekor

Eliza AlexPalembang, BP – Tenun Songket merupakan warisan budaya Indonesia yang sebentar lagi akan diakui menjadi warisan budaya dunia oleh UNESCO. Launching Songket Palembang Sumsel sebagai warisan budaya dunia akan digelar tanggal 28-29 Juli 2015.

Ketua Dekranasda Sumsel Hj Eliza Alex Noerdin dipilih menjadi perancang gaun songket yang akan dipamerkan pada saat acara launching tersebut. Istri dari Gubernur Sumsel ini akan merancang gaun songket dari 46 motif songket Palembang.

Diakuinya, acara launching Songket Palembang menjadi warisan budaya dunia nanti akan menjadi Gebyar bagi masyarakat Sumsel. Ditambah dengan adanya pemecahan rekor muri membuat gaun dari 46 motif songket yang ada.

“Saat ini masih dalam tahap pembahasan dengan dinas terkait seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel untuk kegiatan yang akan berlangsung akhir Juli mendatang,” ujar Hj Eliza Alex Noerdin usai melakukan rapat pemantapan acara Launching Songket Palembang Sumsel sebagai warisan budaya dunia, Jumat (26/6) pagi.

Lanjut dikatakannya, fokus dari kegiatan ini juga sebagai ajang perkenalan songket di skala nasional dan internasional. Selain pembuatan gaun dari 46 motif songket, dalam acara tersebut juga akan diramaikan oleh 3 ribu orang yang mengenakan songket sebagai busana utama.

“Dengan ini diharapkan, tenun songket dapat dilestarikan semua masyarakat Sumsel sebagai warisan budaya yang sudah ada sejak jaman dahulu,” imbuhnya.

Hal yang sama diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumsel Ir Permana, tujuan acara tersebut untuk mendorong industri tenun songket agar bisa mengembangkan tenun songket Palembang ke skala internasional.

“Kegiatan ini juga jadi momentum bagi para penenun songket yang ada di Palembang agar produk tenun songketnya bisa dilirik oleh dunia internasional,” tuturnya.

Pihaknya juga akan memberikan pengharagaan kepada pemerhati songket baik yang ada di Palembang maupun di Jakarta yang ikut membantu mengenalkan songket di daerah. (Dil/BP)

Beri komentar