Home » Foto » Maraknya Broadcast Hoax Penerimaan CPNS 2015

Maraknya Broadcast Hoax Penerimaan CPNS 2015

Ilustrasi PNS

Ilustrasi PNS

Palembang, BP – Menyebarnya Broadcast (BC) Blackberry Messenger (BBM) dan Whatsapp  tentang informasi seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2015 ternyata ‘hoax’ alias bohong.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) regional VII Pramono Widyo Utomo mengatakan hingga saat ini belum ada informasi mengenai penerimaaa CPNS tahun 2015 ini.

Biasanya, jika formasi dan jadwal sudah ditentukan oleh pemerintah pusat, maka seluruh BKN di Indonesia akan dikumpulkan sehingga informasinya tidak simpang siur.

“Informasi yang saya dengar masih sekedar rapat di tim pusat, masalah formasi dan jadwal penerimaan memang belum jelas,” katanya.

Menurut dia, pihaknya belum bisa menyampaikan informasi apapun tentang penerimaan yang dimaksud. Pramono pun mengimbau agar tak ada warga yang percaya begitu saja dengan informasi yang belum jelas kebenarannya.

“Apalagi sekedar pesan yang dikirim dari sosial media. Dikhawatirkan, justru akan ada oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan kondisi ini untuk kemudian justru menipu calon pelamar,” katanya.

Meski belum mengetahui secara pasti, Pramono menyebutkan kemungkinan besar seleksi CPNS tahun ini akan dimulai pada Agustus mendatang. Hanya saja, untuk formasi belum dapat diketahui instansi atau daerah mana saja yang akan melakukan tes CPNS.

Dia menjelaskan, masyarakat jangan terjebak dengan penawaran apapun dari orang, khususnya yang mengaku bisa memasukkan atau meloloskan dalam seleksi CPNS. Sebab, sistem tesnya sendiri kan sudah sangat baku, yakni CAT (Computer Asissted Test). Jadi tidak ada alasan untuk percaya calo.

Mengenai moratorium (penghentian sementara) seleksi CPNS yang sempat didengungkan oleh pemerintah pusat, dikatakan Pramono akan sulit dilakukan. Apalagi untuk kebutuhan guru dan tenaga kesehatan yang tak boleh ada kata kekurangan pegawai untuk pelayanan keduanya.

Jikapun moratorium benar dijalankan, bukan tidak mungkin pelayanan dari dua sektor tersebut akan menurun. Prediksinya, dibuka untuk guru dan pelayanan kesehatan, karena keduanya tidak bisa ditawar-tawar. “Kalaupun ada moratorium, pasti ada surat dari Menpan,” katanya.

Mengenai informasi penerimaan CPNS, informasi dari berbagai sumber, isinya mengenai informasi seleksi CPNS tahun 2015 yang dibuat lengkap dengan mencantumkan pula jadwal penerimaan untuk sejumlah daerah.

“Saya juga mendapat informasi itu broadcast, tetapi saat dicek di website belum ada penerimaan,” kata Dale (25) salah satu masyarakat yang menerima broadcast ini.

Dalam pesan yang disampaikan secara massal itu, mengenai formasi untuk instansi Badan Narkotika Nasional (BNN). Hanya saja, ketika link ke instansi tersebut diklik, belum ada satupun informasi mengenai penerimaan CPNS BNN tahun 2015 ini. (Ren/BP)

Beri komentar