Home » Program » 3tainment » Pengaruh “Korean Wave” di Indonesia

Pengaruh “Korean Wave” di Indonesia

Kebudayaan adalah hasil karya pemikiran manusia yang dilakukan dengan sadar dalam kehidupan kelompok. Unsur-unsur potensi budaya yang ada pada manusia antara lain pikiran (cipta), rasa, dan kehendak (karsa). Untuk menjadi manusia sempurna, ketiga unsur kebudayaan tersebut tidak dapat dipisahkan. Kebudayaan bersifat dinamis dan selalu berubah seiring perkembangan zaman.

Perubahan kebudayaan ini telah terjadi sejak zaman pra-sejarah yaitu berubahnya pola hidup berburu dan meramu menjadi pola hidup bercocok tanam tingkat lanjut dan perundagian, perubahan kebudayaan disebabkan oleh banyak faktor, salah satu faktor pendukungnya adalah adanya kontak dengan kebudayaan lain. Seperti contohnya saat ini masuknya kebudayaan korea di indonesia atau yang dikenal sebagai “korean wave” ini sedang menjamur.

Menurut Irawan Sukma seorang pengamat musik dan pengajar di Purwacaraka Music School ini pada tritainment (18/1) kemarin, beliau menganggap masuknya budaya korea di Indonesia sah-sah saja, ini bisa menambah warna baru bagi dunia hiburan Indonesia, namun dengan catatan sebaik mungkin bisa memfilter baik-buruk nya dari kebudayaan tersebut. Saat ini Indonesia sedang ramai membumbui jagat hiburan nya dengan budaya korea, bagaimana dengan anda ? (Deddy)

Beri komentar