Home » Program » 3tainment » Di Era Modernisasi Tergeserkah Budaya Kita ?

Di Era Modernisasi Tergeserkah Budaya Kita ?

Palembang adalah kota dengan sejuta kebudayaan, dimana banyak sekali hal-hal yang bisa dilakukan di kota pempek ini. Keindahan kota Palembang bisa dilihat dari Icon nya yakni Jembatan Ampera yang sangat mempesona para wisatawan yang datang ke kota sriwijaya ini. Namun bagaimana kebudayaannya dengan era modernisasi saat ini ?

Menurut pengamat kebudayaan Kota Palembang Bpk. Yudi Syarofi di 3tainment (29/2) mengatakan bahwa segala pengaruh-pengaruh yang masuk dari luar itu harusnya di filter karena ada hal-hal positif dan negatif yang bisa diambil, positifnya kita bisa mengadopsi dan membandingkan kebudayaan yang masuk dan negatifnya kita menjadi kehilangan jati diri dari kebudayaan kita sendiri. Selain itu untuk mengangkat kebudayaan kita, pemerintah harus sedikit menyelipkan ciri khas kota palembang dari sisi pembangunan misalkan memasukkan ukiran-ukiran khas kota palembang disetiap bangunan yang akan dibangun.

Disisi kesenian Muhammad Galih seorang penyanyi sekaligus penari khas kota Palembang mengatakan tetap optimis dan tidak merasa tersaingi dimana saat ini budaya korea dan juga budaya barat banyak yang masuk. Dia pernah membawa harum nama kota Palembang di kancah Internasional dan memperkenalkan lagu khas kota Palembang “Ya Saman” di Malaysia. (Deddy)

Beri komentar