Home » Program » Blogger Community » RPM Konten

RPM Konten

PALEMBANG(21/02)- Tentu saja bahasan mengenai RPM Konten yang saat ini sedang sensasional itu juga diperbincangkan oleh komunitas blogger Palembang. Wongkito.net. Melalui Humasnya, Jafis,komunitas ini juga menolak RPM Konten tersebut. “UU ITE sudah ada, kenapa tidak memaksimalkan UU yang ada dengan benar-benar menerapkannya, bukanya malah melulu bikin UU,” ujar Jafis.

Apa sih sebetulnya yang dipermasalahkan ? Di salah satu pasal yang ada di RPM konten tersebut disebutkan bahwa penyelenggara bertanggung jawab terhadap konten. “Jadi nantinya kalau ada pengguna layanan jaringan yang melakukan pelanggaran, maka penyedia layanan internet bertanggung jawab atas pelanggaran tersebut,” beber Jafis. Jafis menganalogikan seperti pisau, “seseorang menjual pisau dan si penjual di awal berpesan bahwa pisau yang dijual hanya boleh digunakan untuk memasak, jika di akhirnya si pembeli pisau melakukan hal lain dengan pisau itu, mosok si penjual yang bertanggung jawab?’

Apa yang disayangkan masyarakat mengenai maraknya kejahatan yang terjadi di internet sesungguhnya jalan keluarnya bukanlahinternet itu sendiri. namun bagaimana para pengguna internet memfungsikan teknologi itu dengan benar.

Gambar diambil dari : http://forum.vibizportal.com/showthread.php?p=9041

Gambar diambil dari : http://forum.vibizportal.com/showthread.php?p=9041

Namun Jafis juga menyambut positif dengan timbulnya polemik di masyarakat mengenai RPM konten ini. “Ini semacam public hearing, saat inilah kita harus menyuarakan apa yang kita mau, sebelum rancangan menteri itu di undang-undangkan.” (Vira)

Beri komentar