Home » Program » Business Talk » Bebas Fiskal. Tapi…

Bebas Fiskal. Tapi…

Economics Talk – Mulai tahun 2011, semua warga negara Indonesia akan terbebas dari fiskal ketika hendak berpergian ke luar negri!. Wah seru ya, walaupun nggak punya NPWP, tidak lagi dikenakan biaya untuk membayar fiskal. Tapi hati-hati, peraturan ini memiliki syarat-syarat tertentu.

Eko Hendarwin dari Direktorat Jendral pajak Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung mengungkapkan bahwa ketentuan di tahun 2011 mengenai bebas fiskal bagi seluruh warga negara Indonesia, meskipun tidak memiliki NPWP, memang benar adanya. tetapi ada syarat-syarat tertentu. “Jika seorang warga negara secara objektif dan subjektif tidak memenuhi syarat untuk memiliki NPWP, maka orang tersebut terbebas dari fiskal,” Ujar Eko.

Syarat tersebut misalnya belum berusia 21 tahun. Atau sudah berusia 21 tahun tapi memiliki pendapatan yang tidak kena pajak. “Tapi lucu juga, mau jalan jalan keluar negri tapi pendapatanya nggak sampe PTKP, wah, harus diteliti tuh,” canda Eko. Jadi, meskipun bebas fiskal, mereka yang tak punya NPWP tetap diwajibkan untuk memiliki surat keterangan bahwa orang bersangkutan memang tidak berkewajiban memiliki NPWP. Surat tersebut akan dikeluarkan oleh DJP.

Lagipula, membuat NPWP sebetulnya sangat gampang, tinggal fotokopi KTP lalu bawa ke kantor pajak, maka jika tidak ada halangan, dalam waktu 1 x 24 jam, NPWP akan selesai. Atau, kita bisa melakukan pencetakan formulir isian untuk mendaftarkan diri agar punya NPWP via internet. Tapi kalau memang anda cinta bangsa ini dan punya kelebihan uang yang sangat banyak, silahkan bayar Rp. 2,5 juta rupiah setiap jalan jalan ke luar negri lewat udara, dan nggak perlu NPWP. hehehehe. (Economics Talk/27-10/Vira)

Beri komentar