Home » Program » Business Talk » Wirausaha Para Guru

Wirausaha Para Guru

entrepreneurship

entrepreneurship

Economics Talk- 1000 guru diberi pelajaran mengenai entrepreneurship di hotel Aryaduta Palembang. Program ini ditujukan untuk memberikan pengetahuan kepada para pendidik agar dapat menjadi mediator bagi para siswa untuk menumbuhkan semangat wirausaha. Salah satu panitia kegiatan ini, Agus Budiarto, Kepala Sekolah SMA Negri 5 Palembang mengungkapkan keprihatinannya mengenai siswa siswi yang kurang inovatif. “Contoh kecilnya ya Mbak, dari jaman dulu sekali hingga kini, penggunaan kata ‘perpisahan’ yang tak pernah berubah untuk perayaan melepaskan murida kelas 3,” contoh kecil ini, ungkap Agus menunjukkan betapa pelajar kering akan ide.

Pada aplikasinya nanti, entrepreneurship ini akan diintegrasikan dengan kurikulum sekolah. “Tidak dibuat mata pelajaran baru, namun dipenetrasikan ke mata pelajaran yang ada. Misal Biologi, nantinya murid diajarkan mengenai pencangkokan yang baik, pemilihan bibit, dan bagaimana melakukan variasi tanaman yang memiliki nilai julai,” ujar Agus.

Kepala Sekolah SMA 5 ini pun optimis bahwa pendidikan wirausaha untuk guru ini adalah langkah awal melahirkan bibit-bibit pencipta di Sumatera Selatan. “Saat ini pelajar kurang daya inovasi, tidak berani mengambil resiko, menanamkan jiwa wirausaha berarti memunculkan dua sifat tersebut”. Kurikulum itu nantinya akan disesuaikan dengan masing-masing daerah, karena 80% kurikulum sekolah dapat dimodifikasi sesuai dengan daerah masing-masing. (Economics Talk/20-10/Vira)

Beri komentar