Home » Program » Business Talk » SMK Muhammdiyah 3 Palembang Lolos Seleksi Nasional - Trijaya FM Palembang

SMK Muhammdiyah 3 Palembang Lolos Seleksi Nasional

Palembang (24 Oktober 2018)- Lomba Kompetensi Siswa Tingkat Provinsi, merupakan acara tahunan dari Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Gelaran LKS Restoran Service tahun ini dilaksanakan di Hotel Horison Ultima Palembang. Menurut Adi Perdana Simatupang selaku Ketua Pelaksana LKS Sumsel bidang Restoran Service, setiap tahunnya standar penilaian selalu ditingkatkan mengacu pada standar penilaian nasional dan internasional.

LKS kali ini diikuti oleh 7 orang peserta yang berasal dari kabupaten kota di Sumsel yang telah melewati seleksi ketat. Para peserta mulai diseleksi dari tingkat sekolah kemudian kabupaten- kota dan yang terbaik berhak maju ke level tingkat provinsi. Dari 7 peserta terbaik ini nantinya akan di pilih 1 orang pemenang  yang akan mewakili Sumsel di ajang pemilihan Nasional. Selanjutnya bagi peserta yang nantinya mendaparkan Medali Gold dan Siver mendapat kesempatan mengikuti Pelatnas persiapan World Skilsl Competition. Dengan bangga ketua pelaksana LKS Restoran Service adi Perdana juga mengatakan bahwa salah satu kandidat yang akan mewakili Indonesia di ajang WSC berasal dari Palembang dan merupakan siswanya yang berasal dari SMK Muhammadiyah 3 Palembang bernama Sendy dan akan berkompetisi bersama Indri perwakilan dari Jawa Timur.

Keseriusan LKS bidang Restoran Service kali ini juga diperlihatkan dengan dilibatkannya juri-juri yang berkompeten dibidangnya dan sudah diakui baik secara nasional dan internasional. Ada 3 juri yang terlibat dalam LKS tingkat Provinsi kali ini yaitu Robiatul Adawiyah yang merupakan salah satu juri World Skills Competition dan seorang dosen di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, saat diwawancarai ia mengatakan bahwa perkembangan siswa siswi SMK cukup baik dan ia yakin kedepan bisa lebih baik. Selain itu ia berharap agar bukan hanya siswa-siswi yang meningkatkan kompetensi namun guru pembimbing juga ikut terus berbenah agar menghasilkan output yang memiliki standar yang tinggi. Kemudian juri 2 adalah  Lulu Nabila salah satu anak muda yang pernah menyumbang medali perunggu di Asian Skills Competition 2014, ia memiliki padangan bahwa yang menjadi penilaian penting dalam kompetisi ini tidak hanya skill namun juga kepercayaan diri peserta dan public speaking. Salah satu juri lainnya berasal dari akademisi  Kepala prodi tata hidang dari Poltekpar yaitu Mustika.

Dengan diadakannya kegiatan LKS ini diharapkan Sumsel mampu bersaing dengan siswa-siswi yang berasal dari Jawa dan Bali. Ini adalah salah satu langkah kongkrit yang diberikan dari SMK untuk mendukung dan mewujudkan komitmen Gubernur yaitu Sumsel maju. Selain itu dengan modal kemampuan dan pengetahuan di bidang Restoran Service ini alumni LKS bisa melanjutkan karir mereka dengan baik khususnya di dunia Perhotelan. (Van)

Beri komentar