Home » Program » Goes For Easily Tax » Ingat, Batas Waktu Pelaporan SPT Badan

Ingat, Batas Waktu Pelaporan SPT Badan

Setelah bulan lalu Trijaya Palembang dan Dirjen Pajak Sumsel Babel mengingatkan anda tentang batas waktu pengembalian SPT Pribadi yang jatuh pada 31 Maret, hari ikami mengingatkan kembali batas akhir pengembalian SPT untuk badan, lembga atau organisasi wajib pajak.

“Badan disini tentunya yan legal secara hukum dan sudah memiliki NPWP.  Bisa dalam bentuk CV, Organisasi atau apapun yang sudah memiliki penghasilan, berapapun. ” jelas Pak Dudi Wahyudi.

Lalu apakah pengambilan SPT, Prosedur pengisian dan pengembalian sama atau berbeda dengan SPT Perorangan?

” Lebih kurang sama, cuma mungkin untuk Form cuma ada 2 jenis, tidak sebanyak pada saat kita melaporkan SPT pribadi. Form bisa diambil di kantor pelayanan pajak terdekat dengan badan usaha, atau di download melalui we. Diisi dan dilampirkan apa saja yang perlu dilampirkan misalnya laporan keuangan badan” jawab Pak Stephanus yang juga hadir ditemani oleh Pak Indra.

Batas waktu pengembalian SPT sendiri adalah 30 April 2010, atau 4 bulan sejak periode penghitungan tahun pajak badan tersebut.  Lalu apabila terjadi kesalahan dalam pengisian atau kurangnya berkas yang harus dilampirkan, apakah SPT ditolak?

“SPT tetap diterima, lalu diperiksa secara internal oleh kami. Apabila terdapat ketidak lengkapan berkas atau kesalahan dalam pengisian formulir, maka kami akan mengirimkan  surat pemberitahuan  melalui pos. Terhitung 14 hari setelah surat pemberitahuan dikirimkan, apabila tidak juga mendapatkan respon, maka selanjutnya kami akan mengirimkan surat peringatan, dan  SPT dianggap tidak dilaporkan ” tambah Pak Indra.

Lalu sanksi apa yang diberikan oleh Dirjen Pajak untuk wajib pajak badan yang SPTnya tidak dilaporkan?

“Akan dikenakan denda 1 juta rupiah” tegas Pak Dudi.

Nah, tunggu apalagi? Laporkan segera SPT Tahunan perusahaan anda. Ingat batas akhir penyampaian SPT Tahunan Badan, 30 April 2010.  Pengembaliannya juga mudah kok, gak harus ke kantor pelayanan, bisa lewat Po, Drop Box yang sudah banyak di Mall atau online di web pajak. (dinnaherly)

Beri komentar