Home » Program » Healthy Center » Restoran dan Rumah Makan Berbeda

Restoran dan Rumah Makan Berbeda

PALEMBANG(22/01) – Selama ini, saya pikir restoran dan rumah makan hanyalah beda diksi saja. namun ternyata saya salah, karena lewat Feni, yang hadir di Trijaya untuk program healthy center, saya baru tau bahwa keduanya memiliki perbedaan signifikan. Rumah makan yaitu tempat makan yang mana semua sajiannya sudah dimasak terlebih dahulu, meskipun konsumen belum melakukan pemesanan. Kalau Anda hobi makan menu padang, maka tempat makan favorit Anda itu termasuk ke dalam ‘rumah makan’.

rumah makan padang

rumah makan padang


Sementara jika kita berkunjung ke tempat makan dimana menu baru dimasak ketika kita melakukan pemesanan, maka itu disebut sebagai restoran. Dinas kesehatan biasanya mengawasi kebersihan atau higienitas kedua tempat makan ini. Misalnya adalah jarak antara rumah makan atau restoran dengan tempat pembuangan sampah. Tidak hanya itu, arah angin juga diperhatikan. “kalau misalnya angin mengarah dari tempat sampah ke rumah makan, ini kan mempermudah bakteri untuk hinggap,” ujar Feni.

Hal lain yang kita sebagai konsumen juga harus tahu adalah bahwa, sebagai salah satu syarat higienitas, semua pelayan rumah makan dan restoran harus menggunakan baju yang khusus. Misalnya pakaian koki atau menggunakan celemek, mereka juga harus menggunakan harnet untuk menutup kepala dan sarung tangan jika perlu.

Sementara untuk tata letak restoran dan rumah makan, juga punya spesifikasi sendiri. Misalnya jenis pintunya tidak seperti pintu di rumah dengan engsel pintu, namun berupa pintu dorongan. Hal ini agar para penyaji makanan dapat dengan mudah membuka pintu hanya mendorongnya dengan bahu. Jika pun terjadi kebakaran misalnya, dengan tipe pintu seperti ini, maka penyelamatan akan lebih mudah dilakukan. (vira/healthy center)

Beri komentar