Home » Program » Healthy Center » Layanan Kesehatan Haji

Layanan Kesehatan Haji

PALEMBANG- Mulai awal Maret ini, layanan kesehatan haji akan dimulai. Ada 5 puskesmas yang ditunjuk untuk melakukan pengecekan kesehatan haji para calon jamah haji yakni : Puskesmas Plaju, Puskesmas Sekip, Puskesmas Merdeka, Puskesmas Dempo dan Puskesmas Pembina. Jika nanti setelah para calon jemaah haji diperiksa di puskesmas dan dinyatakan harus melakukan pemeriksaan kembali, maka calon jemaah haji akan dirujuk ke rumah sakit. Biaya pemeriksaan pertama ini adalah Rp 128.000 untuk perempuan usia produktif, sementara untuk pria dan perempuan yang sudah menepause sebesar Rp. 113.000

Para calon jamaah haji nantinya harus memiliki buku hijau yang berisi catatan mengenai penyakit yang diderita oleh calon haji, buku itu juga memuat daftar obat-obatan yang dibawa ke Mekah. “Jika ada obat-obatan yang tidak terdaftar di buku tersebut, biasanya akan diambil oleh petugas yang ada di Mekah,” ujar dokter Emma Novita dari Dinas Kesehatan Kota Palembang.

Pemeriksaan kesehatan haji ini mencakup kesehatan fisik dan psikis. Kesehatan fisik ini sangat penting mengingat ibadah haji adalah ibadah fisik. Rukun-rukun haji hanya bisa dijalankan jika fisik seseorang kuat dan bugar. “Di sana cuaca akan berbeda, crowded, yang biasanya nyaman tidur di kamar sendiri, kali ini harus tidur bersama-sama, hal ini akan mempengaruhi kondisi para jamaah haji”. ujar dokter.¬† (Healthy center/vira)

Beri komentar