Home » Program » Healthy Center » Kampanye Campak dan Polio

Kampanye Campak dan Polio


Healthy Center – Bulan ini adalah bulan kampanye imunisasi campak dan polio secara nasional. Kampanye ini berlangsung selama satu bulan, dimulai sejak 1 Oktober 2010 hingga akhir Oktober nanti. Melihat rentang waktu yang panjang ini, Dokter Afri Melda, dari Dinas Kesehatan Kota Palembang mengungkapkan bahwa adanya keterbatasan petugas kesehatan untuk mencakup seluruh wilayah Palembang. “Dalam satu tempat imunisasi, harus ada setidaknya tiga tenaga medis yang bertugas,” ujarnya.

Imunisasi campak dan polio ini dilaksanakan secara nasional karena adanya tren yang tidak menurun dari data kementrian kesehatan mengenai penyakit ini. Dokter Afri menjelaskan bahwa penyakit campak dan polio bersifat wabah. “Karena ini virus jadi bersifat menular, harus diberi imunisasi sejak dini agar tidak menyebabkan wabah karena dampak yang paling buruk yaitu kematian.”

Sasaran dari kampanye nasional imunisasi campak dan polio ini adalah anak dengan usia maksimal 58 bulan. “Seluruh anak usia maksimal 58 bulan harus diimunisasi, tidak ada biayayanya,” ujar Dokter Afri. Anda dapat membawa balita anda ke tempat-tempat imunisasi semisal posyandu atau puskesmas terdekat. Selain itu, ada juga rumah rumah sukareawan yang dijadikan tempat imunisasi, misalnya rumah Pak RT, Anda tinggal mencari informasi mengenai hal ini.

Setelah diimunisasi, anak sebaiknya tidak diberi susu atau makanan terlebih dahulu selama beberapa saat. Selain itu, jika anak mengalami panas setelah diberi imunisasi, hal itu adalah normal. “Imunisasi itu adalah memasukkan virus yang sudah dilemahkan ke dalam tubuh, memasukkan benda asing ke dalam tubuh, maka reaksinya adalah panas. Jika ada anak yang mengalami panas, hal itu wajar,” papar dokter Afri Melda. (Healthy Center/22-10/vira)

Beri komentar