Home » Program » Healthy Center » Surveilans Campak

Surveilans Campak

Healthy Center – Bulan ini adalah bulan kampanye Campak dan Polio, wajar saya jika Dinas Kesehatan Kota Palembang meningkatkan informasi mengenai imunisasi ini. Penyakit ini memang harus diberantas sedini mungkin karena sifatnya yang menular dan bisa mewabah. Kali ini, Erikson Siregar, dari Dinas Kesehatan Kota Palembang bagian surveilans, memberikan informasi mengenai surveilans campak.

Pada tahun 2009, goal bagi para survelailans campak adalah menurunkan angka kematian campak sebesar 90 %. Tujuan khususnya yaitu coverage 1 dosis secara nasional >90% dan >80% di tingkat kabupaten pada tahun 2009, semua kejadian luar biasa dilaporkan dan diinvestigasi, surveilans campak individual record untuk semua kasus campak apabila catch-up campaigns sudah dilaksanakan di seluruh wilayah dan melaksanakan imunisasi campak dosis kedua.

Surveilans Campak sendiri memiliki strategi yang akan dilakukan pasca kampanye campak. yaitu semua aspek campak dicatat dalam list individual menggunakan formulir C1 (Data KLB dan Rutin), semua Kejadian Luar Biasa (KLB) dilakukan oleh PE dan konfirmasi laboratorium. Kriteria KLB yang lebih sensitif yaitu minimal 5 kasus mengelompok secara epidemiologis di wilayah puskesmas dalam 4 minggu dan secara bertahap : setiap suspek campak dilakukan konfirmasi lab dan dilaporkan secara individu sampai ke pusat. (Healthy Center/29-10/vira)

Beri komentar